Find Us On Social Media :

Tahukah Kamu, Apa Bagian Yang Memuat Amanat Dalam Struktur Teks Drama?

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 10 Juni 2024 | 15:15 WIB

Pernahkah kamu membaca teks drama? Pertanyaannya, apa bagian yang memuat amanat dalam struktur teks drama?

-------

Saat ini Intisari sudah hadir di WhatsApp Channel, follow di sini dan dapatkan artikel-artikel terbaru kami

-------

Intiasri-Online.com - Pernahkah kamu membaca teks drama? Pertanyaannya, apa bagian yang memuat amanat dalam struktur teks drama?

Jawabannya adalah epilog.

Secara garis besar, epilog adalah kata penutup dalam drama yang menjadi tanda berakhirnya sebuah pementasan drama. Dalam epilog terdapat simpulan atau amanat yang merupakan isi pokok teks drama.

Dalam Kamus Besar Bahasai Indonesia (KBBI), drama adalah cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater.

Mengutip ditsmp.kemdikbud.go.id, teks drama sendiri merupakan suatu teks yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.

Teks drama cukup mudah untuk dikenali ciri-cirinya. Ciri dari teks drama ialah ia berupa cerita. Terdapat alur cerita yang memiliki konflik dan penyelesaiannya.

Selain itu, teks drama juga umumnya berbentuk dialog antara dua tokoh atau lebih. Ciri terakhir adalah teks drama bertujuan untuk dipentaskan.

Contoh penggalan teks drama

Ada pula unsur-unsur dalam teks drama yang membuatnya semakin menarik. Apa saja unsur-unsur yang terkandung di dalam teks drama? Berikut penjelasannya: