Find Us On Social Media :

Misteri Harta Kekayaan Soeharto di Bank Swiss

By Afif Khoirul M, Rabu, 5 Juni 2024 | 15:28 WIB

Misteri kekayaan mantan Presiden Soeharto yang disembunyikan di Bank Swiss.

Intisari-online.com - Sejak kejatuhan Soehato sebagai Presiden Indonesia, misteri soal harta kekayaan sang mantan presiden terus mengemuka. Salah satunya adalah kekayaan yang disembunyikan di Bank Swiss.

Namun, kenyataannya kekayaan yang disebut-sebut milik keluarga cendana tersebut tak pernah terungkap. Bahkan pihak Bank Swiss pun tak pernah mengetahui apapun terkait kebenaran harta kekayaan tersebut.

________________________________________________________

Pada 29 April 2000, publikasi Swiss mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia telah meminta bantuan Swiss untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Melacak rekenin bank rahasia milik mantan Presiden Soeharto.

Pihak Swiss menyatakan bahwa, sedang menunggu informasi tambahan dari Jakarta mengenai di mana tepatnya aset tersebut disembunyikan. Kepala Jaksa penuntut negara saat itu, Marzuki Darusman meminta bantuan Prancis untuk melacak bank Soeharto di Swiss.

Sejak kejatuhan Soeharto, harta kekayaannya yang disebunyikan terus mencuat atas tuduhan korupsi, Soeharto dituduh menyetorkan dana miliyaran dolar ke rekening luar negeri selama 32 tahun berkuasa.

"Kami meminta pemerintah Swiss membantu kami menemukan data, apakah tersangka memiliki properti di sana," kata Jaksa Agung Indonesia.

Ini bukan pertama kalinya Indonesia mendesak Swiss untuk membantu penyelidikan hukum. Sebelumnya Indonesia meminta permintaan serupa di Kementerian Urusan Masyarakat di Swiss.

Menurut Hukum Swiss, proses pidana formal harus dilakukan sebelum bantuan hukum dapat diberikan. Pada Mei 1999, Menteri Kehakiman Indonesia mengunjungi Berne untuk membahas kerja sama dengan Swiss.

Akan tetapi pihak berwenang Swiss tidak memiliki Indikasi apapun bahwa The Smilling General, tidak memiliki uang di rekening Bank Swiss.

''Kementerian Kehakiman dan Kepolisian Federal saat ini tidak memiliki informasi konkrit mengenai aset apa pun yang dimiliki keluarga Suharto di Swiss,'' ujar juru bicara kementerian, Viktor Schlumpf, kepada stasiun televisi Swiss DRS, dikutip dari New York Times.

Pekan lalu, regulator bank terkemuka di Swiss mengatakan dia meragukan Suharto mempunyai rekening besar di negaranya.