Find Us On Social Media :

Tren Kebijakan Perumahan Rakyat Di Indonesia Dari Zaman Belanda, Awal Kemerdekaan, Hingga Orde Baru

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 5 Juni 2024 | 11:26 WIB

Tiap-tiap zaman punya kekhasannya dalam tren kebijakan perumahan rakyat. Mulai zaman Hindia Belanda, zaman awal kemerdekaan, hingga zaman Orde Baru.

Tiap-tiap zaman punya kekhasannya dalam tren kebijakan perumahan rakyat di Indonesia. Mulai zaman Hindia Belanda, zaman awal kemerdekaan, hingga zaman Orde Baru.

Intisari-Online.com - Kebijakan perumahan rakyat di Indonesia sudah ada sejak zaman Belanda. Ketika itu, perumahan rakyat memang difokuskan oleh para pegawai sipil pemerintah kolonial Hindia Belanda.

Yang menarik adalah pakem atau tren perumahan yang terjadi dari masa ke masa, dari zaman Hindia Belanda hingga zaman Orde Baru.

Tren Kebijakan Perumahan di Periode Pra-Kemerdekaan

Menurut Sri Astuti Indriyati dalam bukunya Sejarah & Perkembangan Perumahan di Indonesia (2023), selama abad 18 dan 19, pemerintah Hindia Belanda sudah mulai menyediakan rumah untuk masyarakat sipil yang dikenal sebagai Indische Woonhuizen (IW). IW ini dibangun khusus untuk orang kaya di atas sebidang tanah yang luas jauh dari jalan raya dan dirancang dengan gaya klasik tropis.

Rumah model ini punya ciri-ciri khusus, seperti ini:

- Rumah satu lantai

- Desain tata letak sederhana dengan 2 teras

- Desain koridor tengah dengan 2 atau 3 kamar tidur

- Adanya "Bijgebouwen" atau rumah samping dengan tata letak huruf U.

- Tinggi podium tergantung kondisi lahan (lahan basah/kering)