Find Us On Social Media :

Untuk Merefresh Ingatan Beginilah Kronologi Lengkap Kasus Vina Cirebon

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 26 Mei 2024 | 09:17 WIB

Untuk Merefresh Ingatan, Beginilah Kronologi Lengkap Kasus Vina Cirebon

Intisari-Online.com - Kasus Vina Cirebon benar-benar mencuri perhatian publik akhir-akhir ini.

Meskipun terjadi pada 2016 lalu, publik masih terus bertanya-tanya siapa sebenarnya pelaku kasus tersebut--terlebih setelah munculnya film Vina.

Untuk merefresh ingatan kita, inilah kronologi lengkap kasus Vina Cirebon yang terjadi pada 2016 lalu.

Vina adalah gadis berusia 16 tahun pada 2016 lalu.

Hingga saat ini, perjalanan kasus kematian Vina Dewi masih diwarnai teka-teki sejak peristiwa terjadi pada 27 Agustus 2016.

Kabar terbaru, berita acara pemeriksaan (BAP) terhadap delapan dari 11 pelaku yang ditangkap yakni ER, HS, JY, ES, SP, SK, SD, dan RW dianggap penuh kejanggalan.

Pernyataan itu disampaikan Pengacara Hotman Paris ketika bertemu dengan keluarga Vina di salah satu mal kawasan Grogol, Jakarta Barat pada Kamis (16/5/2024) kemarin.

"BAP itu ada ya dan yang jadi imbauan kami kepada Bapak Kapolri ini ada sesuatu yang tidak beres di penyidikan awal," kata Hotman.

Delapan pembunuh Vina itu ditangkap pada 31 September 2016.

Sedangkan ketiga pelaku sampai saat ini belum tertangkap dan sadah masuk dalam daftar pencarian orang (DP)--terbaru pria yang diduga sebagai Pegi, salah satu DPO, berhasil ditangkap.

Para pelaku yang ditangkap itu dijerat Pasal 338, 351, 170, dan 285 KUHP dengan ancaman penganiayaan dan pemerkosaan serta Undang-Undang Perlindungan Anak.

Namun, Hotman mempertanyakan soal tiga pembunuh Vina Dewi yang kini masih buron, tapi tidak dimasukkan ke dalam BAP dari delapan tersangka yang ditangkap lebih awal.