Find Us On Social Media :

Inilah Jawabannya, Kenapa Tanggal 2 Oktober Diperingati Sebagai Hari Batik Nasional

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 2 Mei 2024 | 08:17 WIB

Kenapa tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasonal, kami akan memberikan jawabannya untuk Anda.

Intisari-Online.com - Setiap 2 Oktober bangsa Indonesia akan memperingati Hari Batik Nasional.

Kenapa tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasonal, kami akan memberikan jawabannya untuk Anda.

Ternyata ini ada kaitannya dengan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Tepat di tanggal itulah lembaga milik PBB itu menetapkan batik sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia.

Sebagai respon atas penetapan itu, pemerintah pun menetapkan Hari Batik Nasional yang diperingati pada 2 Oktober setiap tahunnya.

Penetapan itu terjadi pada 2 Oktober 2008.

Yuk kita mundur ke belakang.

Pada 4 September 2008, batik Indonesia diajukan untuk mendapatkan status intangible cultural heritage (ICH) oleh Menko Kesejahteraan Rakyat saat itu sebagai perwakilan dari pemerintah dan komunitas batik Indonesia.

Pengajuan tersebut ditujukan kepada kantor Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) di Jakarta.

Pengajuan resmi diterima pada 9 Januari 2009.

Masuknya batik Indonesia dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) diumumkan dalam siaran pers di portal UNESCO, pada 30 September 2009.

Mengutip Harian Kompas, 2 Oktober 2009, beberapa hari kemudian, tepatnya pada 2 Oktober 2009, dalam sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi, batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi di UNESCO.