Find Us On Social Media :

Menelisik Misteri Umur dan Detik-Detik Wafatnya Sunan Kalijaga

By Yoyok Prima Maulana, Jumat, 12 April 2024 | 15:35 WIB

Misteri umur Sunan kalijaga. Insert: Makam Sunan Kalijaga di kadilangu, Demak.

Intisari-online.com - Sunan Kalijaga memiliki nama asli yakni Raden Said. Lahir dari keluarga bangsawan Majapahit di Tuban.

Raden Said dikenal sebagai seorang pemuda pemberani, gagah, dan berparas tampan. Ia juga gemar mabuk, berjudi, dan merampok. Tapi, hasil rampokannya dibagikan ke orang miskin.

Hidupnya berubah setelah bertemu Sunan Bonang, seorang wali yang juga putra Sunan Ampel. Sunan Bonang berhasil membimbing Raden Said menjadi seorang muslim yang kaffah.

Bukan itu saja, Raden Said juga menjelma menjadi seorang ulama besar yang bijaksana. Namanya pun berubah menjadi Sunan Kalijaga setelah bertapa 3 tahun di pinggir sungai.

Sunan Kalijaga berdakwah dengan cara kreatif. Ia tidak memaksakan syariat Islam secara keras. Sebaliknya, ia menggunakan pendekatan yang lembut, bijaksana, dan menyentuh hati.

Sunan Kalijaga menghormati budaya lokal dan mengadaptasinya dengan nilai-nilai Islam. Ia menggunakan wayang, gamelan, tembang, dan tari sebagai media dakwah.

Sunan Kalijaga juga menjadi penasihat dan guru bagi para raja di Pulau Jawa. Mulai dari Sultan Demak, Sultan Pajang, hingga raja Mataram Islam, Panembahan Senopati.

Namun, di balik keagungan Sunan Kalijaga, ada satu misteri yang masih belum terpecahkan, yaitu mengenai usianya.

Tidak ada sumber sejarah yang akurat tentang tanggal lahir dan wafatnya Sunan Kalijaga. Meski begitu, ada beberapa pendapat yang berbeda tentang hal ini.

Pertama, Sunan Kalijaga berumur 142 tahun. Lahir pada tahun 1450 M dan wafat pada tahun 1592 M. Ini adalah perkiraan berdasar buku berjudul Sunan Kalijaga (Raden Said) karya Yoyok Rahayu Basuki.

Kedua, usia Sunan Kalijaga adalah 139 tahun. Ia lahir pada 1430 dan wafat pada 1549 M.Perkiraan ini berdasarkan buku berjudul “Sunan Kalijaga dan Mitos Masjid Demak” karya Dr Fairuz Sabiq.

Ketiga, Sunan Kalijaga berumur lebih dari 200 tahun. Dasarnya adalah catatan Babad Tuban. Catatan menyebut, Sunan Kalijaga pernah bertemu dengan Raja Majapahit terakhir, Prabu Brawijaya V.