Find Us On Social Media :

Tuliskan Dan Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Identitas Nasional

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 1 April 2024 | 16:17 WIB

Artikel ini akan tuliskan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan identitas nasional, semoga bermanfaat.

Intisari-Online.com - Kerap kali kita berkoar-koar, sebagai negara, Indonesia harus punya identitas nasional.

Sementara tak banyak dari kita yang benar-benar paham, perkara apa itu.

Artikel ini tuliskan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan identitas nasional, semoga bermanfaat.

Mengutip Gramedia.com, identitas nasional adalah istilah yang terdiri dari dua kata yaitu identitas dan nasional.

Secara harfiah, identitas adalah ciri-ciri, jatidiri atau tanda yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang berguna untuk membedakannya dengan sesuatu yang lain.

Kata nasional adalah identitas yang melekat pada kelompok-kelompok yang terikat karena kesamaan, baik kesamaan budaya, agama, fisik, keinginan, atau cita-cita.

Jadi, identitas nasional adalah kepribadian nasional atau jati diri nasional yang dimiliki suatu bangsa yang membedakan bangsa satu dengan bangsa yang lainnya.

Berdasarkan hal itu, setiap bangsa yang ada saat ini memiliki identitasnya masing-masing sesuai dengan keunikan, sifat dan karakter dari suatu bangsa.

Hal ini tergantung dari bagaimana suatu bangsa terbentuk secara historis. Identitas nasional yang dimiliki oleh suatu bangsa tidak bisa dipisahkan dengan jati diri suatu bangsa.

Menurut Kaelan (2007), identitas nasional pada hakikatnya adalah manisfestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan satu bangsa (nation) dengan ciri-ciri khas.

Dan dengan ciri-ciri yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya.

Identitas nasional mencerminkan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat di suatu negara, hal itu merupakan suatu yang terus menerus berkembang dan bersifat terbuka.