Find Us On Social Media :

Siapakah Yang Mula-mula Menyebarkan Islam Di Indonesia Dan Bagaimana Dampaknya?

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 7 Maret 2024 | 11:17 WIB

Kompleks Masjid Sunan Ampel di Surabaya. Siapakah yang mula-mula menyebarkan Islam di Indonesia dan bagaimana dampaknya?

Intisari-Online.com - Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia adalah realitas yang tak bisa dibantah saat ini.

Pertanyaannya kemudian:

Siapakah yang mula-mula menyebarkan Islam di Indonesia dan bagaimana dampaknya?

Jika mengacu pada ulasan buku Sejarah Nasional Indonesia III: Zaman Pertumbuhan dan Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia (2008), setidaknya ada empat golongan yang punya peran penting dalam penyebaran Islam di Nusantara.

Masih dari sumber yang sama, Islam diperkirakan masuk ke Indonesia sejaka abd ke-7.

Meski begitu, ajaran Islam baru menyebar dengan pesat pada sekitar abad ke-13, yang ditandai dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara, salah satunya Kerajaan Samudera Pasai.

Berdasarkan pendapat para ahli yang disesuaikan dengan temuan-temuan sejarah, pembawa Islam ke Indonesia antara abad ke-7 hingga abad ke-13 adalah orang Muslim dari Arab, Persia, dan India (Gujarat, Benggala).

Seperti disebut di awal, para penyebar Islam itu dapat dibagi ke dalam empat golongan.

Golongan pertama: Golongan pedagang

Para ahli sepakat bahwa kedatangan Islam ke Indonesia melalui jalan perdagangan, sehingga pembawanya pun berasal dari golongan pedagang.

Berbeda dengan misi penyebaran agama lain, yang dilakukan oleh kelompok tertentu, pedagang-pedagang Islam merupakan pembawa misi penyebaran agama yang umum di negeri asing.

Baca Juga: Penjelasan Sejarah Awal Mula Masuknya Islam di Nusantara Ini