Find Us On Social Media :

Uraian Bagaimana Peran Indonesia pada Organisasi Internasional yang Bersifat Global dan Contoh Nyatanya

By Ade S, Selasa, 5 Maret 2024 | 09:03 WIB

Delegasi Indonesia dalam Sidang Dewan Keamanan PBB. Artikel ini menguraikan bagaimana peran Indonesia pada organisasi internasional yang bersifat global dan contoh nyatanya, seperti PBB, GNB, dan JIM I.

Intisari-Online.com - Apakah Anda tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang paling aktif dan berpengaruh dalam organisasi internasional yang bersifat global?

Indonesia tidak hanya menjadi anggota, tetapi juga memberikan kontribusi dan inisiatif yang signifikan bagi perdamaian dan kerja sama dunia.

Artikel ini akan menguraikan bagaimana peran Indonesia pada organisasi internasional yang bersifat global dan contoh nyatanya dengan mengambil contoh keanggotaan Indonesia di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Anda akan mengetahui bagaimana Indonesia mengirimkan Pasukan Garuda, menjadi pelopor Gerakan Non-Blok, dan mensponsori Jakarta Informal Meeting.

Anda juga akan mengetahui prestasi dan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam berpartisipasi dalam organisasi internasional yang bersifat global.

Indonesia di PBB

Indonesia bergabung dengan PBB sebagai anggota ke-60 pada 28 September 1950. Sejak saat itu, Indonesia memberikan banyak kontribusi bagi PBB dan program-programnya.

Indonesia juga terlibat dalam berbagai organisasi yang ada di bawah PBB, seperti Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC), Organisasi Buruh Internasional (ILO), dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Salah satu prestasi Indonesia di PBB adalah ketika Menteri Luar Negeri, Adam Malik menjadi Ketua Sidang Majelis Umum PBB pada 1974.

Selain itu, melansir Kompas.com, Indonesia juga memainkan beberapa peran penting dalam PBB, antara lain:

Baca Juga: Contoh Pelaksanaan Kegiatan di Masyarakat yang Dapat Mendukung Implementasi Sistem Pertahanan dan Keamanan Indonesia