Find Us On Social Media :

Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu Antropologi Dan Bagaimana Hubungannya Dengan Ilmu-ilmu Yang Lain?

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 27 Februari 2024 | 16:17 WIB

Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu Antropologi Dan Bagaimana Hubungannya Dengan Ilmu-ilmu Yang Lain?

Intisari-Online.com - Jika ingin mempelajari manusia berikut kebudayaan yang melingkupinya, pelajarilah antropologi.

Lalu apa yang dimaksud dengan ilmu antropologi dan bagaimana hubungannya dengan ilmu-ilmu yang lain?

Mengutip Kompas.com, antropologi berasal dari bahasa Yunani anthropos yang artinya manusia dan logos berarti wacana (bernalar, berakal) atau ilmu.

Sementara menurut Kamus Oxford, antropologi adalah studi tentang masyarakat dan budaya manusia serta perkembangannya.

Jadi, antropologi adalah studi tentang karakteristik biologis dan fisiologis manusia serta evolusinya.

Sementara dikutip dari Encyclopaedia Britannica, pengertian antropologi adalah ilmu kemanusiaan yang mempelajari manusia dalam berbagai aspek mulai dari biologi dan sejarah evolusi homo sapiens hingga ciri-ciri masyarakat dan budaya yang membedakan manusia dari spesies hewan lain.

Berikut ini pengertian antropologi menurut para ahli:

Menurut David E. Hunter dalam The Study of Anthropology (1976), antropologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang lahir dari adanya keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.

Menurut William A. Haviland dalam Cultural Anthropology (1975), antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang umat manusia secara umum dengan mempelajari warna fisik, bentuk fisik dan kebudayaan yang dihasilkan oleh masyarakat.

Menurut Haviland, antropologi merupakan ilmu yang mencoba merumuskan hukum yang bersifat general (umum) tentang manusia dan perilakunya.

Menurut Philip Kottak Conrad dalam Anthropology, the Exploration of Human Diversity (1974), menerangkan antropologi merupakan ilmu yang mempelajari keragaman umat manusia secara holistik.

Ini meliputi aspek sosial budaya, biologis, bahasa dan lingkungannya dalam dimensi waktu masa lalu, saat ini dan masa depan.