Find Us On Social Media :

Menikmati Ikan Gabus Pucung H. Nasun

By Agus Surono, Jumat, 10 Juni 2011 | 16:13 WIB

Menikmati Ikan Gabus Pucung H. Nasun

Jika Anda sedang berlibur ke Setu Babakan, tak ada salahnya mampir ke Warung Gabus Pucung (dan Pecak) H. Nasun. Lokasinya tidak jauh dan masih berbau Betawi juga. Kan sekalian merayakan HUT Jakarta.

Gabus pucung merupakan makanan khas Betawi yang sudah mulai langka. Jumlah warung yang menjual makanan ini di wilayah Jabodetabek bisa dihitung dengan jari tangan. Salah satunya ya di Srengseng Sawah ini.

Gabus pucung adalah makanan yang dibuat dari ikan gabus diberi bumbu pucung. Ikan gabus? Pucung? Nah, bingung 'kan? Ikan gabus adalah ikan air tawar yang sekilas mirip lele. Cuma tanpa sungut. Di sungai ia biasa dipancing dengan katak anakan. Cuma, berbeda dengan lele, ikan gabus sulit diternakkan sehingga pasokan hanya mengandalkan dari tangkapan dari sungai. Di Jawa ikan ini dikenal dengan nama ikan kutuk.

Sedangkan pucung adalah keluwak kalo di Jawa. Alhasil, masakan yang dihasilkan dominan cokelat, mirip rawon, masakan khas Jawa Timur. Bumbu lain yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe rawit, cabe merah, kunyit, lengkuas, merica, kencur, jahe, dan terasi.

Di tangan H. Nasun, ikan gabus yang kulitnya bersisik, berdaging tebal dan empuk ini dibersihkan dengan daun serai dan daun jambu untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah bersih ikan lalu direndam di dalam bumbu encer berisi kunyit, jahe, cuka, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan garam. Setelah bumbunya meresap, ikan diangkat dan ditiriskan lalu digoreng. Proses penggorengan dilakukan di atas kompor minyak dengan api yang tidak terlalu besar.

Ikan gabus ini lalu disiram dengan bumbu pucung yang mirip rawon tadi. Cuma tak ada taoge. Sebagai ganti taoge ada irisan wortel, kol, daun bawang, dan buncis. Rasanya mirip rawon tapi lebih pedas.

Berhubung pasokan ikan gabus tak selalu ada, otomatis menu ini tak selalu tersedia. Sebagai gantinya ada gurami pucung. Bumbunya sama persis, yang beda hanya ikan yang berenang di bumbu pucung. Ikan gurami jelas pasokannya ada terus.

Nah, jika bertandang ke Setu Babakan, jangan lupa mencicipi gabus pucung racikan H. Nasun

(Sumber: Wisata Jajan Jabodetabek)

Warung Gabus Pucung H. Nasun Jln. M. Kahfi II/21 Srengseng Sawah, Jagakarsa Telp. 021-7870016 Buka setiap hari pkl. 08.30 - 14.00