Find Us On Social Media :

Ini Proses Terjadinya Tornado yang Pertama Kalinya Menerjang Indonesia

By Ade S, Kamis, 22 Februari 2024 | 11:33 WIB

Tornado yang terjadi di Rancaekek di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Rabu (21/1/2024) sore. Mari kita pelajari proses terjadinya fenomena alam dahsyat ini.

Intisari-Online.com - Angin kencang berkecepatan tinggi menerjang Rancaekek, Jawa Barat pada Rabu (21/2/2024).

Fenomena ini menimbulkan kerusakan parah dan memicu spekulasi bahwa angin tersebut merupakan tornado pertama di Indonesia.

Bagaimana sebenarnya proses terjadinya tornado? Apakah benar angin kencang di Rancaekek merupakan tornado? Mari kita simak penjelasan berikut.

Tornado Pertama di Indonesia

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tengah menyelidiki kemungkinan angin kencang di Rancaekek sebagai tornado pertama di Indonesia.

Peneliti BRIN Erma Yulihastin mengatakan, berdasarkan foto dan video yang beredar, terdapat indikasi kuat bahwa fenomena tersebut memang tornado.

"Kronologi foto-foto dan video dari masyarakat dan media sangat membantu periset dalam mendokumentasikan extreme event yang tercatat sebagai tornado pertama ini," papar Erma melalui akun X miliknya, Rabu.

Menurut Erma, tornado dan puting beliung berbeda dalam hal skala dan radius.

Tornado memiliki angin yang lebih kencang dan lebih luas, dengan kecepatan minimal 70 kilometer per jam.

Di sisi lain, kajian BRIN menunjukkan bahwa puting beliung paling kuat di Indonesia hanya mencapai kecepatan 56 kilometer per jam.

Erma juga menyampaikan bahwa puting beliung di Indonesia umumnya hanya terjadi sebentar, sekitar 5 sampai 10 menit saja.

Baca Juga: Apa Itu Fenomena Dust Devil Yang Sebabkan Munculnya Tornado Api Di Savana Bromo?