Find Us On Social Media :

Menikmati Udang Galah di Tengah Sawah

By Ade Sulaeman, Sabtu, 19 Oktober 2013 | 06:30 WIB

Menikmati Udang Galah di Tengah Sawah

Intisari-Online.com - Terletak di Desa Sendangrejo, Minggir, Sleman, berjarak sekitar 25 km dari kota Yogyakarta, nama gubug makan Mang Engking, sudah terkenal di kalangan pencinta kuliner  masakan udang.

Jauh dari kebisingan dan pengapnya udara kota, begitu sampai pengunjung akan menghirup udara  alam pedesaan yang tenang dan sejuk. Hamparan kolam luas seakan menjadi parket alam yang menopang jajaran gubug-gubug tempat makan, menjadi ciri khas  resto ini.

Model gubug rancangannya cukup unik, biasa dikenal dengan istilah "gubug berlobang", yaitu gubug yang didalamnya terdapat beberapa meja berbagai ukuran dengan lubang dibawahnya.

Ini berguna bagi orang yang senang duduk lesehan, namun menginginkan kaki tetap bisa leluasa (tidak ditekuk). Model meja tersebut cukup menarik dan hingga kini masih dipertahankan.

Dua menu andalan Mang Engking yang sudah kesohor, udang bakar madu dan gurame bumbu cobek.

Yang pertama adalah udang galah yang dibakar dengan balutan madu asli. Rasanya yang legit, manis gurih, dipadu dengan sambal terasi membuat selera makan tak kunjung padam.

Sedangkan gurame bumbu cobek yaitu gurame yang digoreng garing kemudian disiram dengan sambal uleg kasar. Cita rasa unggulan kedua ini tak kalah nikmatnya.

“Udang dan gurame diambil langsung saat masih hidup dari kolam budidaya sendiri. Lantaran dimasak sewaktu masih segar, kualitas dan cita rasanya tetap terjaga,” terang kang Asep.

Untuk menjaga cita rasa, kualitas dan spesialisasi makanannya itulah, Mang Engking  membatasi jenis menu makanan hanya dari bahan dasar udang, gurameh, kepiting dan cumi-cumi. Demikian juga untuk menu sayuran dan juga minuman.

Selain sebagai salah satu alternatif tempat makan dan rekreasi bersama keluarga di kawasan Yogya, gubug makan Mang Engking cocok untuk acara arisan, ulang tahun, resepsi, dan lainnya.

Dengan lahan parkir luas dengan  jaminan keamanannya, para pengunjung bisa menyantap hidangan dengan waktu yang leluasa. 

Info resto