Find Us On Social Media :

Roti Getuk & Burger Mendoan (1): Ikon Kuliner Purwokerto

By Ade Sulaeman, Minggu, 20 Oktober 2013 | 16:00 WIB

Roti Getuk & Burger Mendoan (1): Ikon Kuliner Purwokerto

Intisari-Online.com - Selain lokasi yang strategis, di depan alun-alun kota Purwokerto, Jateng, daya tarik lain dari Rita bakery adalah menu-menu yang unik. Memadukan roti dengan mendoan dan getuk. Dua camilan khas yang menjadi ikon kuliner Purwokerto.

Ide menghadirkan menu unik sesuai kekhasan kuliner kota Purwokerto muncul tahun 2006, saat relaunching toko Rita Bakery yang semula bernama Holland bakery.

Mendoan berupa tempe tipis yang diselimuti larutan tepung beras dan tepung terigu, dicampur daun bawang, diberi bumbu, lalu digoreng.

Biasanya dimakan dengan cabe rawit agar rasa gurih berpadu dengan pedas. Roti ini dibentuk bulat, bagian tengahnya diisi mendoan yang diolesi saos sambal. Mirip burger.

Perpaduan ini memunculkan rasa gurih, sedikit pedas, dan manis. “Orang yang tidak tahu bisa mengira roti mendoan itu isinya daging,” kata Iman Santoso, manajer Rita Bakery sembari tertawa.

Tahun 2009 mereka meluncurkan produk unik lain yaitu roti getuk. Getuk juga menjadi camilan khas Purwokerto. Bahan dasarnya berupa singkong yang direbus, ditumbuk dan dicampur gula merah.

Roti getuk berbentuk bunga, bagian atasnya ditabur sedikit parutan kelapa dan di dalamnya berisi getuk. Jadi, selain membuat inovasi dari resep, mereka juga berkreasi dengan membuat bentuk roti yang menarik.

“Getuk yang kami buat untuk isi roti rasanya tidak semanis getuk goreng yang biasa ada dipasaran karena rotinya sudah manis,” tutur Iman.

Awalnya, roti mendoan dan roti getuk hanya disajikan tiap akhir pekan. Tapi karena animo masyarakat meningkat, kini kedua jenis roti itu dibuat tiap hari.

Konsep ‘open kitchen’

Karena slogan mereka fresh from the oven, Roti mendoan dan Roti getuk dibuat menjelang siang hari. Pasalnya, pengunjung meningkat pada jam makan siang.

Sesuai slogan tersebut, mereka mendesain gerainya dengan konsep open kitchen. Jadi, sembari memilih roti konsumen bisa melihat proses produksi.