Find Us On Social Media :

Uniknya Bakpao Buah dari Bandung

By Ade Sulaeman, Jumat, 25 Oktober 2013 | 09:00 WIB

Uniknya Bakpao Buah dari Bandung

Intisari-Online.com - Kota Bandung terkenal dengan kreativitas pendudukanya. Tidak hanya soal seni, tapi juga soal camilan. Termasuk bakpao buah yang dibuat oleh Andy Yang Pastry ini.

Sesuai namanya, perbedaan bakpao buah dengan bakpao biasanya terlihat dari bentuknya yang menyerupai aneka buah-buahan.

Sang pemilik, Andy Wijaya, mengatakan ide awal pembuatan bakpao buah ini terbersit ketika temannya berulang tahun dan meminta dirinya untuk membuat bakpao unik. Ia lalu mencoba memodifikasi bentuk bakpao yang biasanya bulat dengan bentuk jeruk dan stroberi.

"Dari situ akhirnya saya kembangkan sehingga saat ini ada sepuluh macam bentuk buah," ucapnya.

Agar lebih menyerupai buah asli, Andy menambahkan pewarna makanan untuk bakpao buahnya. Meski begitu, Andy mengatakan pewarna yang digunakan dijamin aman dikonsumsi karena tanpa bahan pengawet.

Adonan bakpao yang telah dicetak sesuai bentuk buah kemudian diwarnai dengan menggunakan teknik semprot airbrush. Sistem pembuatan bakpao buah pun dilakukan secara manual atau handmade.

Untuk isian, bakpao buah menawarkan variasi kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang hijau, kacang merah dan kacang hijau pandan. Bakpao dengan bentuk yang cantik ini memiliki rasa tidak terlalu manis namun bertekstur empuk dan tetap lezat ketika dicicipi.

Bakpao buah yang  menggoda ini bisa anda dapatkan di Andy Yang Pastry yang terletak di Jalan Dalem Kaum 74. Bakpao buah dijual per paket dengan isi sepuluh buah dan ditawarkan seharga Rp68.000.

Variasi bakpao unik lain yang dapat anda coba adalah bakpao burger. Jika biasanya bakpao berisi daging atau kacang, bakpao ini memiliki isian yang terdiri dari daging asap, sayuran serta keju layaknya isian burger.

"Bedanya memang dari isian bakpaonya yang memakai isian burger seperti smoke beef, mozarella, lettuce, tomat, bawang bombay serta paprika," ujar sang pemilik, Fajar Iman.

Agar semakin terlihat menarik, bakpao burger ditawarkan dalam berbagai warna yang cukup mencolok seperti hijau, kuning, pink serta ungu disamping warna putih khas bakpao pada umumnya. Meski begitu, Iman menjamin produknya aman dikonsumsi karena menggunakan pewarna khusus makanan.

Iman mengatakan daging untuk bakpao ini diolah oleh dirinya sendiri. Daging dibumbui dengan berbagai rempah seperti pala, ketumbar, bawang dan telur. Agar semakin kaya rasa, daging juga dicampur dengan kentang.

Daging lalu disusun di atas bakpao yang sudah dibelah. Berturut-turut ditambahkan lettuce, tomat, bawang bombay, keju dan paprika. Terakhir ditambahkan mayones, saus sambal serta taburan daun mint.

Bakpao burger yang empuk dan lezat ini ditawarkan seharga Rp 12.000. Untuk mencicipinya, Anda cukup mengunjungi kedai Bageur (Bakpao Burgeur) yang terletak di Jalan Malangbong Raya No 13 Antapani. (Tribun Jabar)