Find Us On Social Media :

Apa Saja yang Dapat Mengancam Keutuhan Ideologi Pancasila di Tengah Pesatnya Perkembangan Informasi dan Komunikasi saat Ini?

By Ade S, Selasa, 13 Februari 2024 | 11:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini akan jelaskan apa saja yang dapat mengancam keutuhan ideologi Pancasila di tengah pesatnya perkembangan informasi dan komunikasi saat ini.

Intisari-Online.com - Selain memberi damapk positif, perkembangan informasi dan komunikasi juga membawa dampak positif dan negatif bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Salah satu dampak negatifnya adalah adanya ancaman terhadap keutuhan ideologi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Lantas, apa saja yang dapat mengancam keutuhan ideologi Pancasila di tengah pesatnya perkembangan informasi dan komunikasi saat ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pancasila merupakan hasil dari perjuangan dan pemikiran para pendiri bangsa yang menggali nilai-nilai luhur dari budaya dan religiusitas bangsa Indonesia.

Selain itu, Pancasila juga merupakan cita-cita dan arah bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan kehidupan yang berdasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Bahkan, Pancasila juga memiliki peran penting sebagai alat pemersatu dan penyelesaian konflik bagi masyarakat Indonesia yang beragam.

Ancaman Keutuhan Ideologi Pancasila di Tengah Pesatnya Perkembangan Informasi dan Komunikasi

Keutuhan ideologi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dapat terancam oleh berbagai faktor, salah satunya adalah perkembangan informasi dan komunikasi yang pesat dan canggih.

Baca Juga: Dampak yang Terjadi dari Maraknya Berita Hoaks Terhadap Keutuhan Ideologi Pancasila dan Cara Mengatasinya