Find Us On Social Media :

Sabar Menanti demi Patin Bakar

By Agus Surono, Sabtu, 2 November 2013 | 10:00 WIB

Sabar Menanti demi Patin Bakar

Intisari-Online.com - Dalam dunia kuliner, makanan enak pasti diburu. Di mana pun tempatnya. Hal ini berlaku juga untuk Pondok Ikan Bakar Kalimantan yang berada di kawasan Cimanggis, Depok, Bogor. Lokasinya mudah dijangkau sih. Tak jauh dari pintu keluar Tol Cimanggis. Namun rumah makan ini seperti terisolasi sebab tempatnya jauh dari keramaian.

Meski namanya generik, pondok ikan bakar, namun yang dicari di sini pastilah patin bakar. Lebih khusus lagi dibakar di dalam bambu. Bisa makan di tempat atau dimakan di rumah. Jika makan di tempat, jangan datang sendirian ya? Ikan seberat sekitar 800 g ditaruh di sebilah bambu yang dibelah dua dengan diameter 8 - 10 cm dan panjang sekitar 40-an cm. Di atas ikan itu bumbu halus yang berwarna cenderung oranye mengubur si patin.

Daging patin yang lembut plus rasa bumbu yang mirip pepes dan aroma bambu terbakar menambah kenikmatan makan siang Anda. Bau tanah khas patin tak tercium. Rasa pedas, gurih, dan wangi pas untuk orang kebanyakan. Jika kurang pedas bisa menambah sambal yang disediakan.

Sebagai menu tambahan bisa pesan sayur asam. Meski berkuah warna merah menyala, namun tingkat kepedasan sayur ini masih berterima di lidah mereka yang tak suka masakan pedas.

Masih menu ikan, bisa dicoba sup ikan gurame. Porsinya juga besar, meski tak sebesar patin. Kuahnya sangat segar. Walaupun bergelimang daging gurame dalam kuahnya, tidak ada rasa amis yang tertinggal. Bagi yang tidak suka pedas, hati-hati. Sebab banyak "ranjau" berupa cabai utuh berenang di kuahnya. 

Jika masih kurang, masih ada teri sambal campur pete.

Semua menu tadi dipadukan dengan nasi pulen yang mengebul dan ditaruh di panci bambu semakin melengkapi kebersamaan Anda dengan teman sekantor atau anggota keluarga. Karena konsep rumah makan ini miring ke kuring-kuringan akan ada lalapan dalam hantaran.

Sebagai minuman, pesanlah es kelapa jeruk. Disajikan dalam gelas besar plus es batu yang ditempatkan dalam wadah terpisah. Daging kelapanya pas, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. 

Bagaimana menuju ke Pondok Ikan Bakar Kalimantan?

Dari arah Jakarta masuk ke jalan tol Jagorawi, dan keluar di pintu tol Cimanggis. Gerbang ini terletak setelah pintu tol Cibubur. Dari pintu tol Cimanggis tinggal ikuti jalan keluar dan sekitar 200 m sampai bertemu jalan raya Tapos. Rumah makan tak jauh dari pertigaan arah ke kiri.

Sedangkan dari arah Cibubur atau Cileungsi, ambil jalan raya Kranggan menuju arah Cimanggis.

Jika datang pas jam makan siang, siap-siap sabar menunggu pesanan. Terlebih di akhir pekan atau hari libur.

Pondok Ikan Bakar KalimantanJln Raya Tapos No. 1. CimanggisDepok, BogorTelp. 021-8751395.Jam buka: Setiap hari, pukul 10.30 – 19.00 WIB

Foto-foto: Yds