Find Us On Social Media :

Waspada Jebakan di Bakmi Ranjau!

By Ade Sulaeman, Rabu, 11 Desember 2013 | 19:45 WIB

Waspada Jebakan di Bakmi Ranjau!

Intisari-Online.com - Selain nasi, bakmi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang paling digemari masyarakat Indonesia. Hal ini membuat aneka sajian berbahan dasar bakmi menjadi populer dan dicari-cari untuk memuaskan rasa lapar yang melanda.

Lidah orang Indonesia yang menyukai cita rasa pedas, pada akhirnya membuat sajian berbahan dasar mi turut dikemas dalam rasa pedas yang menggoda.

Agar semakin menarik, sajian mi tersebut dinamai dengan berbagai nama unik namun catchy sehingga membuat penasaran.

Satu yang cukup menarik adalah bakmi ranjau dari Dapur BOMB yang terletak di Jalan Cihampelas. Tempat makan yang mengusung tema militer ini memang menyajikan aneka menu dengan nama berbau militer yang bercita rasa pedas.

Bakmi ranjau merupakan sajian mi yang dibumbui aneka rempah khas nusantara. Mi yang digunakan adalah mi medan yang bertekstur basah dan berukuran lebih besar dari mi biasanya.

Mi lalu dimasak dengan tambahan bumbu seperti bawang putih, ebi, serta kemiri yang ditumbuk hingga halus. Tingkat kepedasan sendiri bisa dipilih sesuai selera.

"Maksud ranjaunya ini karena kita menambahkan cabai rawit yang tersembunyi dalam sajian mi sebagai kejutan," kata chef Andri Rosandi dari BOMB.

Bukan hanya menawarkan mi, bakmi ranjau juga dilengkapi ayam, telur, saosin, kol, potongan tomat serta kerupuk. Konsumen juga dapat mengganti ayam dengan udang atau cumi, sesuai selera maing-masing.

"Bakmi ranjau juga bisa disajikan dalam bentuk kuah. Rasa tidak terlalu berbeda hanya kalau kuah bumbu yang digunakan lebih banyak," katanya.

Bakmi ranjau pedas ini dihidangkan dalam porsi cukup besar. Harganya Rp 18.000 per porsi. (tribunnews.com)