Find Us On Social Media :

KPU: Ada Peluang Cawapres Dampingi Capres Dalam Debat Terakhir

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 3 Februari 2024 | 14:23 WIB

Menurut KPU, dalam debat capres terakhir, ada peluang cawapres menemani capres dalam segmen terakhir atau segmen penutup.

Intisari-Online.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan debat capres terakhir pada Minggu (4/2).

Dalam debat terakhir itu, KPU mengatakan, ada peluang cawapres mendampingi capres terutama dalam segmen keenam.

Segmen keenam atau segmen terakhir adalah pernyataan penutup (closing statement) dalam debat terakhir pada Minggu (4/2/20234).

"Nanti kalau soal posisi cawapres pada saat segmen terakhir, nanti kita akan diskusikan lah sama teman-teman tim paslon," kata Koordinator Divisi Sosialisasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU RI, August Mellaz, dalam jumpa pers pada Jumat (2/2/2024).

"Secara prinsip debat kelima ini kan diperuntukkan untuk capres, apakah nanti (cawapres) mendampingi atau tidak, memang ini satu hal yang belum dibicarakan, tapi yang jelas, debat ini untuk capres," ungkapnya.

Mellaz berujar, hal itu bisa saja dilakukan dan tidak membuat persoalan sendiri serta tidak mengurangi substansi apa pun.

"Karena ini kan bagian dari visi misi bagian dari penutup, itu bisa saja dilakukan (cawapres dampingi capres)," sambungnya.

"Saya kira kalau misalnya ternyata menarik untuk kemudian disepakati cawapresnya untuk mendampingi, menurut kami tidak ada persoalan sama sekali," kata Mellaz.

Pelaksanaan debat pilpres akan digelar untuk kali kelima sekaligus yang terakhir pada 4 Februari 2024 mendatang beragendakan debat capres.

Debat, kata Mellaz, bakal kembali diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Mellaz menyampaikan, ada tiga stasiun televisi yang akan menjadi penyelenggara debat, meliputi TVOne, ANTV, dan NET TV.

Debat dimoderatori oleh dua orang news anchor Andromeda Mercury dan Dwi Anggia.