Find Us On Social Media :

Sejarah Bandung Lautan Api, Peristiwa Ini yang Menjadi Pemicunya

By Afif Khoirul M, Kamis, 1 Februari 2024 | 13:30 WIB

Sejarah Bandung Lautan Api.

Intisari-online.com - Bandung Lautan Api adalah peristiwa heroik dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada 23 Maret 1946.

Pada hari itu, rakyat dan tentara Indonesia membakar kota Bandung bagian selatan, sebelum meninggalkannya untuk menghindari penjajahan kembali oleh pasukan Sekutu dan Belanda.

Lalu, bagaimana sejarah Bandung lautan api?

Peristiwa Bandung Lautan Api dipicu oleh ultimatum yang dikeluarkan oleh Panglima Tertinggi AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies), Letnan Jenderal Montagu Stopford, pada 22 Maret 1946.

Ultimatum tersebut meminta Tentara Republik Indonesia (TRI) untuk segera mengosongkan wilayah Bandung selatan sampai radius 11 kilometer dari pusat kota, paling lambat pada tengah malam tanggal 24 Maret 1946.

Ultimatum ini merupakan bagian dari rencana Sekutu dan Belanda untuk menguasai kembali Indonesia, setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Sejak Oktober 1945, pasukan Sekutu dan Belanda telah melakukan berbagai operasi militer di Indonesia, termasuk di Bandung, yang menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan.

Kronologi

Pemerintah RI di Jakarta menyetujui ultimatum Sekutu dan Belanda, dan memerintahkan TRI untuk mundur dari Bandung.

Namun, TRI dan rakyat Bandung tidak mau menyerahkan kota mereka begitu saja kepada musuh.

Mereka memutuskan untuk melakukan aksi bumi hangus, yaitu membakar rumah, gedung, dan fasilitas lainnya, agar tidak dimanfaatkan oleh musuh.

Pembakaran dimulai pada pagi hari tanggal 23 Maret 1946, dan berlangsung hingga sore hari.