Find Us On Social Media :

Kebangkitan Nasional 1908 Ditandai Dengan Dua Peristiwa Penting Ini

By Ade S, Jumat, 12 Januari 2024 | 09:03 WIB

Repro: Foto memperlihatkan suasana Kongres Pemuda II di Batavia pada 1928. Kebangkitan nasional 1908 ditandai dengan dua peristiwa penting, yaitu Budi Utomo dan Sumpah Pemuda. Simak sejarah dan artinya dalam artikel ini.

Intisari-Online.com - Apakah Anda tahu adanya dua peristiwa penting yang mendorong terjadinya peristiwa kebangkitan nasional?

Kebangkitan nasional 1908 ditandai dengan dua peristiwa penting yang melibatkan para pemuda Indonesia yang berani berjuang untuk kemerdekaan.

Kedua peristiwa ini menjadi tonggak sejarah yang menginspirasi generasi-generasi selanjutnya.

Pembentukan Budi Utomo

Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang bergerak untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Melansir Kompas.com, ide Budi Utomo berasal dari para pelajar STOVIA (Sekolah Kedokteran di Batavia), yaitu Sutomo, Wahidin Sudirohusodo, Soeradji, dan Gunawan Mangunkusumo.

Budi Utomo lahir dari penerapan kebijakan Politik Etis yang diterapkan pada masa pemerintahan kolonial Belanda (1901).

Penerapan kebijakan ini membuat banyak sekolah dibentuk di Indonesia, salah satunya adalah sekolah-sekolah yang didirikan oleh para pelajar yang terinspirasi oleh Budi Utomo.

Awal mula Budi Utomo adalah pada 1906, ketika dilakukan kampanye mengumpulkan dana pelajar dari kalangan priayi di Pulau Jawa yang dipimpin oleh Dokter Wahidin Sudirohusodo.

Saat sedang melakukan kampanye pada akhir 1907, Wahidin Sudirohusodo bertemu dengan pelajar STOVIA lainnya di Jakarta, yaitu Sutomo.

Setelah mendengar kampanye yang dilakukan oleh Wahidin Sudirohusodo, Sutomo tertarik untuk bergabung karena memiliki cita-cita bangsa yang sama.

Baca Juga: Mengapa Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda Mempunyai Peranan Penting dalam Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia?