Find Us On Social Media :

Selain Kecelakaan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya, Ini Daftar Kecelakaan Terparah yang Pernah Terjadi di Indonesia

By Afif Khoirul M, Jumat, 5 Januari 2024 | 11:15 WIB

Kecelakaan kereta api Bintaro 1987.

Intisari-online.com - Kecelakaan maut terjadi antara Kereta Api (KA) Turangga relasi Surabaya-Bandung dengan KA Lokal Bandung Raya di petak Jalan Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Jumat (5/1/2024) sekitar pukul 06.00 WIB.

Dilaporkan menurut Kompas.com, kecelakaan itu menewaskan tiga orang.

Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung, Joni Martinus, kecelakaan itu terjadi saat KA Turangga melaju dari arah timur menuju barat, sedangkan KA Lokal Bandung Raya melaju dari arah berlawanan.

Kedua kereta bertabrakan di tikungan, sehingga menyebabkan kerusakan parah pada lokomotif dan gerbong depan KA Turangga, serta gerbong belakang KA Lokal Bandung Raya.

Kecelakaan ini menambah daftar panjang kecelakaan kereta api yang pernah terjadi di Indonesia.

Sebelumnya beberapa kecelakaan kereta api juga pernah terjadi di Indonesia.

Berikut ini daftar 5 kecelakaan api terparah dalam sejarah kereta api di Indonesia.

1. Kecelakaan di Sumatera Barat.

Pada tanggal 25 Desember 1944, 200 orang tewas dan 250 orang terluka ketika kereta api kehilangan rem di lembah Anai, Padangpanjang, Sumatera Barat.

Karena banyaknya korban dan sulitnya penguburan, maka dibuat kuburan massal dan sebuah Tugu Kecelakaan Kereta Api Padang Panjang.

2.Tragedi Bintaro 1987

Baca Juga: Benar-benar Heroik, Begini Cara Kru Japan Airlines Selamatkan 379 Nyawa Dalam Waktu 90 Detik Padahal Pesawat Hangus