Find Us On Social Media :

Benar-benar Heroik, Begini Cara Kru Japan Airlines Selamatkan 379 Nyawa Dalam Waktu 90 Detik Padahal Pesawat Hangus

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 4 Januari 2024 | 21:17 WIB

Kru pesawat Japan Airlines yang mengalami kecelakaan dahsyat berhasil menyelamatkan 379 nyawa dari dalam pesawat dalam waktu 90 detik.

Intisari-Online.com - Salah satu pesawat milik Japan Airlines baru saja mengalami kecelakaan hebat.

Pesawat hangus, tapi ajaibnya, tak ada satu pun penumpang yang meninggal dunia.

Bagaimana cara krup pesawat Japan Airlines menyelamatkan 379 nyawa dalam waktu 90 detik?

Para ahli memuji kecepatan evakuasi 379 orang dari dalam pesawat Japan Airlines JAL516 yang mengalami kecelakaan di Bandara Haneda, Tokyo, Selasa (2/1).

Kepada Channel News Asia, sejumlah pakar mengapresiasi kepatuhan penumpang mengikuti protokol darurat dan berfungsinya pintu keluar pesawat meski dioperasikan dalam kapasitas penuh.

Mengutip Kompas.com, Japan Airlines JAL516 terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang (Coast Guard) saat mendarat di Bandara Haneda.

Pesawat ini baru saja mendarat dari Kota Sapporo.

Semua 367 penumpang dan 12 awak JAL dievakuasi dengan selamat dalam 90 detik tanpa luka berat.

Meski begitu, lima kru pesawat Penjaga Pantai tewas.

Shawn Pruchnicki, asisten profesor teknik penerbangan dan sistem terintegrasi dari Ohio State University pada Rabu (3/1) mengatakan kepada CNA Asia First, kecepatan evakuasi ini luar biasa.

"Saya menduga faktanya jika mereka benar-benar turun dalam 90 detik, sepertinya orang-orang tidak berusaha mengambil barang bawaan mereka," katanya.

Dia melanjutkan, salah satu kendala utama saat mengevakuasi penumpang pesawat adalah jika orang ingin mengambil tas mereka sebelum turun.