Find Us On Social Media :

Memperingati Hari Introvert Sedunia, Kenapa Manusia Suka Menyendiri?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 3 Januari 2024 | 17:17 WIB

Selamat Hari Introvert Sedunia. Artikel ini akan mencoba menjawab kenapa manusia suka menyendiri, kenapa manusia punya sifat introvert?

Intisari-Online.com - Tiap 2 Januari, orang-orang di seluruh dunia merayakaan Hari Introvert Sedunia.

Di saat banyak orang menyukai keramaian, bertemu banyak orang, dan kemeriahan, kenapa ada di antara kita yang menyukai kesendirian, ketenangan.

Intinya, kenapa manusia suka menyendiiri, kenapa manusia punya sifat introvert?

Pencetus Hari Introvert Sedunia adalah Felicitas Heyne, psikolog Jerman.

Ide itu muncul pada 2011 lalu.

Dalam sebuah artikel, dia menulis, "Inilah Mengapa Kita Membutuhkan Hari Introvert Sedunia" di situs webnya pada tanggal 20 September 2011.

Dalam artikel tersebut, Heyne mengatakan bahwa sudah saatnya untuk meningkatkan kesadaran orang-orang di seluruh dunia terhadap para introvert.

Rupanya, para introvert mengalami berbagai diskriminasi karena sifat tertutup mereka dan rendahnya apresiasi oleh masyarakat umum.

Heyne pun mengusulkan agar Hari Introvert Sedunia dibuat dan dirayakan pada tanggal 2 Januari, tepat sehari setelah orang-orang bergemuruh dengan kemeriahan tahun Baru.

Sifat introvert juga sudah tampak sejak masa kanak-kanak.

Kementerian Kesehatan dalam situsnya dengan gamblang menjelaskan bahwa "Ada anak yang periang dan mudah bergaul, sebaliknya ada juga yang pendiam dan suka menyendiri. Apabila buah hati bunda cenderung pendiam dan lebih suka menyendiri bisa jadi memiliki kepribadian introvert," begitu tulis dari situs Kemenkes.

Introvert adalah salah satu kepribadian yang cenderung lebih fokus pada perasaan, mood, dan pikiran dari diri sendiri.