Find Us On Social Media :

Sejarah Kerajaan Salakanagara, Kerajaan Tertua di Pulau Jawa yang Keberadaannya Misterius

By Afif Khoirul M, Sabtu, 30 Desember 2023 | 14:30 WIB

Ilustrasi - Kerajaaan Salakanagara tercatat kerajaan tertua di Pulau Jawa.

Intisari-online.com - Salakanagara adalah nama sebuah kerajaan yang diyakini sebagai kerajaan tertua di pulau Jawa bahkan di nusantara yang berdiri antara abad ke-2 dan ke-3 Masehi.

Kerajaan ini juga dianggap sebagai leluhur dari suku Sunda, karena wilayah dan peradaban keduanya sama persis.

Namun, sejarah kerajaan ini cukup misterius, karena terbatasnya sumber sejarah dan arkeologi yang bisa membuktikan keberadaannya.

Artikel ini akan mengungkap sejarah, letak, raja-raja, kejayaan, dan peninggalan dari kerajaan Salakanagara, kerajaan Hindu pertama di pulau Jawa.

Sejarah Kerajaan Salakanagara

Sumber sejarah utama tentang kerajaan Salakanagara adalah naskah Wangsakerta Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara, yang disusun pada abad ke-17 oleh dewan yang dipimpin oleh Pangeran Wangsakerta dari Cirebon.

Naskah ini menyebutkan bahwa kerajaan Salakanagara didirikan oleh Dewawarman I, yang memerintah antara tahun 130-168 M dengan gelar Prabu Darmalokapala Aji Raksa Gapura Sagara.

Dewawarman I adalah seorang pedagang dari India yang menetap di Teluk Lada, Pandeglang, dan menikahi putri dari Aki Tirem, kepala daerah setempat.

Dari pernikahan ini, lahir Dewawarman II, yang kemudian menjadi raja kedua Salakanagara.

Nama Salakanagara berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti "negara perak". Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Salakanagara adalah pembuat perak yang handal.

Selain itu, mereka juga berdagang dengan negara-negara lain, terutama Cina.

Beberapa catatan perjalanan dari Cina menyebutkan adanya hubungan dagang antara Salakanagara dengan dinasti Han pada abad ke-3 M.