Find Us On Social Media :

Silsilah Keluarga Prabowo Subianto, Ningrat Jawa yang Berjiwa Patriotis

By Yoyok Prima Maulana, Minggu, 31 Desember 2023 | 12:20 WIB

Silsilah keluarga Prabowo Subianto terkait para Ningrat Jawa.

Intisari-online.com - Prabowo Subianto lahir di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1951.

Dia merupakan anak ketiga dan anak laki-laki pertama dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar.

Soemitro merupakan seorang pakar ekonomi dan politisi dari Partai Sosialis Indonesia.

Dia pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Natsir pada tahun 1952, dan diangkat kembali sebagai Menteri Keuangan pada Kabinet Wilopo.

Sementara sang ibu, yakni Dora Marie Sigar adalah seorang wanita Kristen Protestan berdarah Minahasa. Dia berasal dari keluarga papan atas Maengkom di Langowan, Sulawesi Utara

Prabowo memiliki dua kakak perempuan dan satu adik laki-laki. Kakak perempuannya adalah Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati.

Adik lelakinya adalah Hashim Djojohadikusumo yang sekarang menjadi pengusaha terkenal di Indonesia.

Dari garis keturunan ayah, Prabowo merupakan cucu dari Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank Negara Indonesia atau BNI 46.

Ada yang menarik dari nama Prabowo Subianto. Nama Soebianto diambil dari nama pamannya yakni, Kapten Subianto Djojohadikoesoemo.

Sang paman adalah seorang perwira Tentara Keamanan Rakyat yang gugur pada Pertempuran Lengkong pada Januari 1946 di Tangerang.

Prabowo kecil sangat mengidolakan pamannya. Karena kekagumannya itulah maka Prabowo tertarik untuk menekuni karier di bidang militer.

Keluarga Djojohadikusumo sendiri merupakan keturunan dari Raden Tumenggung Kertanegara. Seorang panglima dari laskar Pangeran Diponegoro yang beroperasi di wilayah Kedu.