Find Us On Social Media :

Mengenang Peristiwa Tsunami Aceh 2004, Saat Gelombang Setinggi 30 Meter Menggulung Serambi Makkah Dalam 7 Menit

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 26 Desember 2023 | 15:17 WIB

Mengenang peristiwa tsunami Aceh 2004, ketika gelombang setinggi 30 meter menggulung Aceh dalam waktu 7 menit. Ratusan ribu orang meninggal dunia.

Intisari-Online.com - Peristiwa yang terjadi pada 19 tahun yang lalu itu masih membekas di benak hati-satu-bari masyarakat Indonesia.

Bagi banyak orang, terutama masyarakat Acceh, peristiwa Tsunami 2004 barangkali adalah trauma terbesar yang akan terus mereka bawa hingga nanti.

Mengutip Kompas.com, tsunami Aceh merupakan salah satu bencana alam terburuk dan besar di Indonesia.

Bencana alam Tsunami Aceh menelan korban hingga ratusan ribu jiwa.

Peristiwa tersebut terjadi setelah kawasan itu lebih dulu diguncang gempa berkekuatan 9,2 SR pukul 08.58, persisnya Minggu, 26 Desember 2004, pukul 08.58 WIB.

Setelah gempa terjadi, tidak ada yang menduga akan datang gelombang laut besar setinggi 30 meter yang menghantam Kota Aceh.

Tsunami Aceh terjadi pada hari Minggu, 26 Desember 2004.

Sekitar pukul 07.50 WIB, kawasan Aceh bagian barat dan sekitarnya merasakan guncangan gempa sebesar 9,1 hingga 9,3 SR berpusat di 20-25 kilometer barat daya Sumatera.

Tidak berselang lama, warga di pesisir pantai melihat air laut menjadi surut dan garis pantai mundur hingga ratusan meter.

Tak sampai beberapa menit, tiba-tiba datang gelombang besar setinggi kurang lebih 30 meter yang menyapu pantai barat Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Diperkirakan gelombang tsunami ini menyapu bersih daratan dengan kecepatan mencapai 800 km per jam.

Hanya dalam waktu tujuh menit, kota-kota di pesisir barat Aceh sudah dipenuhi dengan puing-puing bangunan dan mayat dalam kondisi tragis.