Find Us On Social Media :

Bagaimana Dampak Positif dan Dampak Negatif Perdagangan Internasional bagi Kehidupan?

By Ade S, Selasa, 26 Desember 2023 | 16:03 WIB

Ilustrasi. Artikel ini menjelaskan bagaimana dampak positif dan dampak negatif perdagangan internasional bagi kehidupan masyarakat, negara, dan dunia.

Intisari-Online.com - Perdagangan internasional adalah aktivitas jual beli barang atau jasa antara negara yang satu dengan negara yang lain.

Perdagangan internasional memiliki peran penting dalam perekonomian global, karena dapat mempengaruhi kesejahteraan, kemajuan, dan hubungan antarnegara.

Namun, apakah Anda tahu bagaimana dampak positif dan dampak negatif perdagangan internasional bagi kehidupan kita?

Dalam artikel ini, kita akan membahas dampak-dampak tersebut dari berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, dan politik. Mari kita simak bersama!

Dampak Positif Perdagangan Internasional

Dampak positif perdagangan internasional bagi kehidupan adalah sebagai berikut:

- Mendorong pertumbuhan ekonomi negara dan pemerataan pendapatan masyarakat.

Perdagangan internasional dapat meningkatkan produksi, ekspor, impor, investasi, dan konsumsi di suatu negara, sehingga menambah pendapatan nasional dan pendapatan per kapita.

Perdagangan internasional juga dapat membuka peluang kerja, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

- Menambah sumber devisa negara dan stabilitas ekonomi nasional.

Devisa dapat membantu negara untuk membiayai kebutuhan impor, membayar utang luar negeri, menambah cadangan devisa, dan menjaga nilai tukar mata uang.

Baca Juga: Upaya yang Dilakukan Pemerintah dalam Pengembangan Ekonomi Digital