Find Us On Social Media :

BLT El Nino Rp 400 Ribu Sudah Cair, Ini Cara Cek Nama dan Rekening Penerima

By Afif Khoirul M, Jumat, 1 Desember 2023 | 11:55 WIB

Ilustrasi - Syarat mendapatkan BLT EL Nino 2023.

Intisari-online.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp 400 ribu per bulan sudah cair sejak akhir November 2023.

BLT El Nino ini diberikan kepada 18,8 juta keluarga miskin dan rentan yang terdampak bencana alam akibat fenomena El Nino.

BLT El Nino ini bersumber dari dana APBN 2023 dan disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

BLT El Nino ini akan diberikan selama tiga bulan, yaitu November 2023, Desember 2023, dan Januari 2024.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT El Nino atau tidak, Anda bisa melakukan pengecekan nama dan rekening penerima melalui beberapa cara berikut ini:

- Cara 1: Melalui situs resmi Kemensos - Kunjungi situs resmi Kemensos di https://www.kemensos.go.id/ - Pilih menu Layanan Publik dan klik Cek Bansos. - Masukkan NIK dan kode captcha yang muncul, lalu klik Cari. - Jika Anda termasuk penerima BLT El Nino, maka akan muncul informasi mengenai nama, alamat, jenis bantuan, periode, nominal, dan status penyaluran. - Jika Anda tidak termasuk penerima BLT El Nino, maka akan muncul pesan "Data tidak ditemukan".

Baca Juga: Pemerintah Salurkan BLT El Nino Rp 7,52 Triliun untuk 18,8 Juta Keluarga, Cek Nama Penerima di Sini

- Cara 2: Melalui aplikasi DTKS Online - Unduh dan instal aplikasi DTKS Online di ponsel Anda melalui Google Play Store. - Buka aplikasi DTKS Online dan masuk dengan akun Anda. Jika belum memiliki akun, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data diri dan verifikasi nomor ponsel. - Pilih menu Cek Bantuan dan masukkan NIK Anda, lalu klik Cari. - Jika Anda termasuk penerima BLT El Nino, maka akan muncul informasi mengenai nama, alamat, jenis bantuan, periode, nominal, dan status penyaluran. - Jika Anda tidak termasuk penerima BLT El Nino, maka akan muncul pesan "Data tidak ditemukan".

- Cara 3: Melalui SMS ke 1717 - Kirim SMS ke nomor 1717 dengan format: CEK.NIK (contoh: CEK.1234567890123456). - Anda akan menerima balasan SMS yang berisi informasi mengenai nama, alamat, jenis bantuan, periode, nominal, dan status penyaluran. - Jika Anda termasuk penerima BLT El Nino, maka Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai nomor rekening dan nama bank tempat Anda bisa mencairkan BLT El Nino. - Jika Anda tidak termasuk penerima BLT El Nino, maka Anda akan mendapatkan pesan "Anda tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial".

Demikian artikel yang saya buat tentang informasi terbaru BLT El Nino yang cair Desember 2023. Semoga bermanfaat.