Find Us On Social Media :

Tips Berlibur Bersama Buah Hati

By Ilham Pradipta M., Rabu, 16 Desember 2015 | 13:00 WIB

Tips Berlibur Bersama Buah Hati

Intisari-Online.com – Natal dan Tahun Baru hanya tinggal menghitung hari. Tentu beberapa dari kita telah merencanakan liburan bersama keluarga tercinta. Tapi bagi kita yang membawa sang buah hati nampaknya perlu memperhatikan berbagai hal penting. Tujuannya tidak lain adalah demi keamanan dan kenyaman anak kita saat berlibur. Berikut ini adalah tips pergi berlibur bersama sang anak.

1. Jika ini perjalanan pertama berlibur bersama anak kita, kita perlu merencanakan kecepatan perjalanan. Rencanakanlah kecepatan yang lebih lambat dari biasanya. Jika kita ingin mengunjungi lebih dari satu tempat, kita perlu memperhatikan pakaian yang melindungi tubuhnya. Jangan sampai sang buah hati merasa kepanasan atau kedinginan.

2. Berdiskusilah dengan orang atau keluarga lain yang akan pergi bersama kita. Kita perlu mendiskusikan apa saja yang ingin dilakukan setiap orang. Kita juga perlu membagi tugas atau bergiliran untuk mengurus anak-anak.

3. Katakanlah pada orang lain bila anak kita memiliki kebutuhan khusus. Jika ada orangtua lain dengan kondisi anak yang sama, mungkin kita bisa memperoleh saran yang bermanfaat. Selain itu, cobalah gunakan gelang identitas yang mencantumkan kondisi medis anak kita. Seperti rincian pengobatan atau nama serta nomor dokter sang buah hati.

4. Jika berlibur bersama buah hati, kita menggunakan hotel, tanyakan mengenai spesial family deals. Seperti potongan harga dan makanan gratis bagi anak-anak. Beberapa hotel kini menawarkan fasilitas ini. Dengan menggunakan family deals kita dapat menghemat anggaran liburan.

5. Mintalah saran ke dokter anak bila kita hendak pergi jauh, misalnya ke luar negeri. Bila anak kita memiliki masalah dengan kondisi medisnya, mintalah bantuan untuk mendapatkan dokter lain di tempat tujuan kita.

6. Sebelum memulai liburan bersama buah hati, kita dapat menceritakan kepada anak kita mengenai lokasi wisata yang akan dituju. Kita dapat melihatkan peta, menceritakan sejarah, kondisi geografi, hewan dan tanaman dari tempat wisata yang akan kita kunjungi.  Selain itu kita juga bisa membacakan buku atau menonton film yang berhubungan dengan tempat tersebut.(Theguardian.com)