Find Us On Social Media :

Inilah Cara Jitu Menghindari Jet Lag

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 20 Februari 2016 | 10:00 WIB

Inilah Cara Jitu Menghindari Jet Lag

Intisari-Online.com - Jet lag merupakan gangguan bio-ritme jam tubuh. Ketika kita bepergian dan melalui satu zona waktu ke zona waktu yang lain, maka tubuh akan terganggu dan merasa lelah sehingga tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri mengikutinya. Nah, berikut ini ada beberapa cara jitu menghindari jet lag:

1. Membuat rencana dan beristirahat sebelum melakukan traveling

Jika akan melakukan perjalanan yang cukup lama dan melintasi zona waktu yang berbeda, pastikan untuk beristirahat terlebih dulu sebelum hari keberangkatan tiba, paling tidak dua hari sebelumnya. Ini memungkinkan kita lebih baik setelah sampai di tujuan dan memiliki stamina selama perjalanan.

2. Minum banyak air sebelum dan setelah perjalanan

Ketika tubuh terhidrasi, maka stres serta lelah akan berkurang. Tidak hanya itu, tubuh akan dapat menyesuaikan perpindahan zona waktu jika memiliki cukup air. Selama dalam perjalanan juga, sebaiknya kita menggunakan lotion atau lip balm agar kulit terhidrasi pula.

3. Makan dengan benar

Jangan makan makanan berat selama perjalanan. Pilihlah buah-buahan segar dan hindari kopi agar tidak mengganggu tidur, hindari juga makanan pedas agar tidak mengalami sakit perut. Cobalah makan pada zona waktu yang baru, karena dapat membantu menyesuaikan dengan waktu yang baru dengan mudah.

4. Dapatkan sinar matahari

Setelah sampai tujuan, segeralah mendapatkan banyak sinar matahari, kecuali jika tiba di malam hari atau cuaca sedang tidak baik. Sinar matahari bekerja dengan baik pada jam tubuh.

5. Jangan langsung tidur setelah sampai di tujuan

Kecuali malam, jangan langsung tidur setelah sampai di tujuan. Cobalah untuk tetap terjaga dan berbicara dengan seseorang atau melakukan kegiatan lain dan menyesuaikan diri dengan ruang baru.

6. Memilih penerbangan malam

Memilih perjalanan penerbangan malam dapat membantu kita tidur sepanjanga malam, sehingga  bangun dengan lebih segar.

Nah, itu dia cara menghindari jet lag dari penerbangan yang berbeda zona waktu.