Find Us On Social Media :

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung Papandayan

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 26 Februari 2016 | 15:15 WIB

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung Papandayan

Intisari-Online.com - Salah satu gunung yang belakangan ini digandrungi para pendaki—baik pemula ataupun yang sudah berpengalaman—adalah Gunung Papandayan. Gunung dengan tinggi 2.622 mdpl ini terletak di Garut, Jawa Barat. Untuk diperhatikan, ada hal-hal yang harus dipersipakan sebelum mendaki Gunung Papandayang yang memiliki pemandangan elok ini.

Bagi para pendaki dari Jawa Barat dan Jakarta bisa mengunjunginya pada akhir pekan mengingat jalur pendakian yang tak terlalu panjang dan tak memakan waktu yang lama. Lebih lengkapnya, perhatikan hal-hal berikut:

Transportasi

Saat berangkat dari Jakarta maupun Bandung atau daerah sekitarnya, hal yang perlu diperhatikan adalah transportasi. Pendaki harus terlebih dahulu menuju Terminal Guntur Garut untuk melanjutkan perjalanan menuju kaki gunung.

Jika tiba dini hari di Terminal Guntur Garut, pilihan yang dapat digunakan adalah angkutan kota berjenis minibus menuju pertigaan Pasar Cisurupan. Setelah itu, transportasi yang digunakan adalah mobil pikap. Angkutan kota maupun mobil pikap harus terlebih dahulu penuh sebelum pergi menuju titik-titik tersebut. Harga yang ditawarkan adalah Rp20 ribu per orang.

Logistik pendakian

Tak bisa tidak, logistik selama pendakian hal mutlak. Untuk Papandayan, kita bisa membeli bahan makanan di Pasar Cisurupan maupun toko serba ada di dekat pasar. Usahakan untuk tetap membeli lauk pauk bergizi sebagai modal energi pendakian walau di pos-pos pendakian terdapat warung yang menawarkan makanan. Biasanya yang ditawarkan adalah mi instan, kopi, teh, dan juga gorengan.

Pakai sepatu

Sandal gunung bisa menjadi alternatif alas kaki ketika mendaki gunung. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki agar kenyamanan dan keselamatan lebih terjaga.

Di awal pendakian Gunung Papandayan, medan yang ditemui adalah aneka ukuran bongkahan batu yang licin dan tajam. Selain itu, beberapa jalur berkontur tanah gembur. Penggunaan sepatu akan melindungi kaki dari ancaman tergores dan juga membantu mencengkeram tanah.

Gunakan masker

Gunung Papandayan adalah gunung yang masih aktif memproduksi gas belerang di kawah. Saat melintasi awal medan pendakian yakni Camp David menuju Puncak Kawah, terdapat gas belerang yang bisa terhirup. Gunakanlah masker dari kain atau buff.