Find Us On Social Media :

Inilah Peristiwa Pembantaian 1965 yang Ada dalam Film Gadis Kretek

By Ade S, Jumat, 17 November 2023 | 10:03 WIB

Aktris Dian Sastrowardoyo sebagai Dasiyah di serial Gadis Kretek yang mulai tayang di Netflix pada 2 November 2023. Simak ulasan tentang peristiwa 1965 yang ada dalam film 'Gadis Kretek', sebuah adaptasi novel karya Ratih Kumala yang menggambarkan tragedi sejarah Indonesia.

Intisari-Online.com - Apakah Anda pernah menonton film "Gadis Kretek"?

Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Ratih Kumala, yang bercerita tentang kisah cinta, keluarga, dan kretek.

Namun, di balik kisah romantis dan harumnya kretek, ada juga latar belakang peristiwa 1965 yang ada dalam film "Gadis Kretek".

Peristiwa 1965 adalah pembunuhan massal yang terjadi sebagai akibat dari peristiwa G30S, yang menewaskan tujuh perwira TNI AD dan menuduh PKI sebagai dalangnya.

Peristiwa ini mengakibatkan jutaan orang yang diduga komunis diburu dan dibantai oleh tentara dan milisi sipil yang antikomunis.

Bagaimana peristiwa 1965 yang ada dalam film "Gadis Kretek" digambarkan? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Peristiwa 65 dalam film 'Gadis Kretek'

Dengan latar belakang tahun 1960-an, serial "Gadis Kretek" menampilkan pergerakan Partai Merah yang disiarkan lewat radio.

Selain itu, beberapa anggota Partai Merah juga terlibat dalam produksi kretek Merah dan menjalin kerjasama bisnis dengan Soeraja.

Namun, Partai Merah tiba-tiba lenyap dan sisa kretek Merah yang mereka produksi disebar secara acak, termasuk kepada Soeraja dan keluarga Idroes.

Baca Juga: Inilah Sejarah Gerakan 30 September 1965 (G30S) Lengkap, Dari Kronologi Hingga Tokoh Yang Gugur