Find Us On Social Media :

Begini 2 Cara Cek Penerima BLT El Nino Cair November-Desember 2023 dan Kapan Penyalurannya Dimulai

By Afif Khoirul M, Rabu, 15 November 2023 | 19:10 WIB

Ilustrasi - Syarat mendapatkan BLT EL Nino 2023.

Intisari-online.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino adalah salah satu program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam El Nino yang melanda Indonesia sejak akhir tahun 2022.

BLT El Nino ini diberikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan jumlah Rp 300.000 per bulan selama 6 bulan, mulai dari November 2023 hingga April 2024.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah Anda termasuk dalam daftar penerima BLT El Nino atau tidak, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu melalui situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos) atau melalui aplikasi DTKS Online.

Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Cara Pertama: Melalui Situs Resmi Kemensos

Anda bisa mengakses situs resmi Kemensos untuk mengecek penerima BLT El Nino. Caranya adalah sebagai berikut:

- Masukkan nomor Kartu Keluarga (KK) atau nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol "Cari".

- Jika Anda termasuk dalam daftar penerima BLT El Nino, Anda akan melihat informasi mengenai jumlah bantuan, tanggal pencairan, dan bank penyalur yang ditunjuk oleh Kemensos.

- Jika Anda tidak termasuk dalam daftar penerima BLT El Nino, Anda akan melihat pesan "Data tidak ditemukan" atau "Data tidak valid".

Cara Kedua: Melalui Aplikasi DTKS Online

Anda juga bisa mengecek penerima BLT El Nino melalui aplikasi DTKS Online yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengecek status penerimaan BLT El Nino dengan menggunakan nomor KK atau NIK, serta melihat riwayat pencairan bantuan.