Find Us On Social Media :

Bagaimana Pengaruh Organisasi Budi Utomo Terhadap Peristiwa Sumpah Pemuda 1928?

By Ade S, Selasa, 14 November 2023 | 10:03 WIB

Ilustrasi. Simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928 yang menjadi tonggak sejarah bangsa.

Intisari-Online.com - Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 adalah salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda dari berbagai daerah dan organisasi berkumpul di Jakarta dan mengucapkan sumpah setia kepada tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia.

Namun, tahukah Anda bagaimana pengaruh Organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928?

Organisasi Budi Utomo adalah organisasi pertama yang menanamkan nilai nasionalisme bagi bangsa Indonesia.

Organisasi ini juga berperan dalam membangun persatuan dan kesatuan antarorganisasi pemuda, melawan penjajah, dan memajukan pendidikan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang organisasi Budi Utomo dan pengaruhnya terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928.

Organisasi Budi Utomo

Buku tematik siswa, Tema 5 kelas 5 SD yang diterbitkan oleh Kemdikbud, menyebutkan bahwa organisasi Budi Utomo berperan dalam mempertahankan kesatuan dan persatuan Indonesia.

Organisasi Budi Utomo adalah salah satu organisasi yang lahir sebelum Indonesia merdeka. Organisasi ini sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, organisasi Budi Utomo memiliki pengaruh yang sangat besar.

Baca Juga: Apa Latar Belakang Terjadinya Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928?