Find Us On Social Media :

Belilah Sepeda Lokal

By Agus Surono, Selasa, 26 April 2011 | 01:10 WIB

Belilah Sepeda Lokal

Bisa dikatakan sepeda adalah mesin "hijau". Tak memerlukan bahan bakar fosil atau menghasilkan polusi. Seiring dengan menjamurnya aktivitas bersepeda saat ini, rasanya "berdosa" ke Bumi jika tidak memiliki sebuah sepeda.

Di beberapa kota saat ini sudah ada hari bebas tanpa kendaraan. Jakarta yang menjadi pelopor juga sudah melebarkan lokasi hari bebas tanpa kendaraan ini. Dampak positifnya sudah terlihat seperti data yang dikeluarkan pada bulan Maret kemarin. "Dengan adanya car free day tingkat pencemaran udara di Jakarta menurun secara signifikan," kata Kepala Sub Bidang Pengendalian Pencemaran dan Sumber Kegiatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Rina Suryani, di acara Jakarta Great Clean yang digelar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Minggu (28/3).

Menurut Rina, hasil pengukuran terakhir menunjukkan, kadar debu di Jakarta berkurang sampai 40%, karbon (CO) berkurang sampai 63%, dan NO berkurang sampai 71%. "Itu menunjukkan bahwa program car free day yang telah dijalankan di Jakarta selama ini berjalan efektif dan memberikan dampak positif," ujar Rina seperti dikutip dari kompas.com.

Nah, jika ingin meminang sepeda, beberapa saran dari majalah National Geographic berikut patut diperhatikan.