Find Us On Social Media :

Bagaimana Prediksi Tentang Perkembangan Fintech Dalam Kurun Waktu 10 Tahun Mendatang!

By Afif Khoirul M, Jumat, 10 November 2023 | 09:20 WIB

Ilustrasi - Perkembangan Fintech dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Intisari-online.com - Dalam pelajaran IPS kelas X halaman 200 memuat soal dengan judul "

Jawaban :

Fintech adalah istilah yang menggabungkan teknologi dan keuangan, yang merujuk pada inovasi-inovasi yang memanfaatkan teknologi digital untuk menyediakan layanan keuangan yang lebih cepat, mudah, murah, dan aman.

Fintech mencakup berbagai bidang, seperti pembayaran, perbankan, investasi, asuransi, pinjaman, dan lain-lain.

Fintech telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan kemajuan teknologi, perubahan perilaku konsumen, dan regulasi yang mendukung.

Prediksi perkembangan fintech dalam kurun waktu 10 tahun mendatang adalah sebagai berikut:

- Fintech akan semakin terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Misalnya, melalui konsep embedded finance, yang merupakan penyediaan layanan keuangan yang disematkan dalam platform atau aplikasi lain yang tidak berhubungan dengan keuangan, seperti e-commerce, media sosial, transportasi, dan lain-lain.

Dengan embedded finance, pengguna dapat melakukan transaksi keuangan tanpa harus keluar dari platform atau aplikasi yang sedang digunakan.

- Fintech akan semakin memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) untuk meningkatkan kualitas, efisiensi, dan personalisasi layanan keuangan.

AI dan ML dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses-proses yang sebelumnya membutuhkan intervensi manusia, seperti pemberian kredit, deteksi penipuan, manajemen risiko, dan lain-lain.