Find Us On Social Media :

25 Kata-kata Ucapan Hari Listrik Nasional 2023, Cocok Jadi Caption

By Ade S, Kamis, 26 Oktober 2023 | 21:03 WIB

Ilustrasi. Ingin merayakan Hari Listrik Nasional 2023 dengan lebih semarak? Lihat kumpulan kata-kata ucapan Hari Listrik Nasional 2023 yang cocok jadi caption.

Intisari-Online.com - Hari Listrik Nasional adalah hari yang penting bagi bangsa Indonesia.

Pada hari ini, kita mengenang sejarah perjuangan para pemuda dan buruh listrik yang berhasil merebut kembali perusahaan-perusahaan listrik dan gas dari tangan penjajah Jepang.

Dengan kata-kata ucapan Hari Listrik Nasional 2023, kita bisa mengungkapkan rasa bangga dan syukur atas kemerdekaan dan kemajuan kelistrikan di Indonesia.

Selain itu, kita juga bisa menginspirasi orang-orang di sekitar kita untuk lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap penggunaan listrik yang efisien dan ramah lingkungan.

Nah, berikut adalah 25 kata-kata ucapan Hari Listrik Nasional 2023 yang bisa kamu gunakan sebagai caption di media sosial atau pesan singkat kepada keluarga, teman, atau rekan kerja.

Sejarah Hari Listrik Nasional

Setiap tahun, pada tanggal 27 Oktober, kita memperingati Hari Listrik Nasional. Perayaan ini sudah berlangsung sejak 78 tahun yang lalu.

Menurut situs resmi Kementerian ESDM, Hari Listrik Nasional (HLN) merupakan peringatan sejarah nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik dan gas yang dulunya dikuasai oleh penjajah Jepang.

Para pemuda dan buruh listrik berhasil merebut perusahaan-perusahaan tersebut dan menyerahkannya kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Dilansir dari kompas.com, pada tanggal 27 Oktober 1945, Pemerintah mengeluarkan Penetapan Pemerintah No. 1 yang membentuk Jawatan Listrik dan Gas. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Listrik Nasional.

Sebenarnya, listrik di Indonesia sudah ada sejak akhir abad ke 19. Saat itu, beberapa perusahaan Belanda, seperti pabrik gula dan pabrik teh, membangun pembangkit tenaga listrik untuk kepentingan mereka sendiri.

Baca Juga: 35 Kata-kata Mutiara Cinta, Singkat tapi Bermakna Sangat Dalam