Intisari-Online.com - Apakah Anda pernah merasa bahwa kata-kata yang Anda ucapkan tidak sesuai dengan maksud atau tujuan Anda?
Apakah Anda sadar bahwa penggunaan kata-kata negatif dalam komunikasi verbal bisnis dapat memiliki dampak yang buruk bagi hubungan dan reputasi Anda?
Jika jawaban Anda ya, maka Anda perlu mengetahui bagaimana sebaiknya cara menghindari penggunaan kata-kata negatif dalam komunikasi verbal bisnis.
Dengan menghindari kata-kata negatif, Anda dapat membangun hubungan yang lebih baik dan profesional dengan orang lain, serta meningkatkan kinerja dan produktivitas bisnis Anda.
Pengertian Kata-kata Negatif dalam Komunikasi Verbal Bisnis
Kata-kata negatif adalah kata-kata yang memberikan kesan atau makna yang tidak baik, tidak sopan, tidak menghargai, tidak mengerti, tidak peduli, tidak setuju, tidak puas, tidak mampu, atau tidak mau kepada lawan bicara.
Kata-kata negatif dapat berupa kata-kata yang bersifat menyerang, merendahkan, menghakimi, mengevaluasi, meremehkan, merugikan, atau mengeluh.
Contoh kata-kata negatif dalam komunikasi verbal bisnis adalah:
- Tidak
- Salah
- Sulit
- Buruk
- Bodoh
- Malas
- Gagal
- Rugi
- Masalah
- Kesalahan
Dampak Kata-kata Negatif dalam Komunikasi Verbal Bisnis
Penggunaan kata-kata negatif dalam komunikasi verbal bisnis dapat memberikan dampak yang buruk bagi hubungan dan reputasi Anda.
Baca Juga: 35 Kata-kata Pemberi Semangat yang Keren, Cocok Dibagikan di Grup WA
KOMENTAR