Find Us On Social Media :

Erick Thohir vs Gibran Rakabuming, Siapa Lebih Layak Jadi Cawapres Prabowo?

By Afif Khoirul M, Minggu, 22 Oktober 2023 | 18:00 WIB

Gibran Rakabuming Raka digadang-gadang sebagai calon terkuat bakal cawapres Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024 nanti.

Intisari-online.com - Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra dan bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), akan segera mengumumkan siapa yang akan menjadi pendampingnya dalam Pilpres 2024.

Dua nama yang paling santer disebut-sebut sebagai kandidat cawapres Prabowo adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta potensi konsekuensi politik dan hukum jika dipilih oleh Prabowo.

Berikut adalah ulasan singkat tentang profil, prestasi, dan kontroversi dari Erick Thohir dan Gibran Rakabuming.

Erick Thohir

Erick Thohir adalah seorang pengusaha dan politikus yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN sejak Oktober 2019.

Ia juga pernah menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Erick Thohir dikenal sebagai sosok yang berpengalaman di bidang bisnis, media, dan olahraga.

Ia memiliki sejumlah perusahaan di berbagai sektor, seperti PT Mahaka Media Tbk, PT Visi Media Asia Tbk, PT Inter Media Capital Tbk, PT Mahaka Sports and Entertainment, dan lain-lain.

Ia juga pernah menjadi pemilik klub sepak bola Inter Milan (Italia), DC United (Amerika Serikat), dan Persis Solo (Indonesia).

Sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir bertanggung jawab atas pengelolaan lebih dari 140 perusahaan milik negara yang bergerak di berbagai bidang, seperti energi, pertambangan, telekomunikasi, transportasi, keuangan, dan lain-lain.

Di tengah pandemi Covid-19, Erick Thohir juga ditunjuk sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).