Find Us On Social Media :

Aspirin Enyahkan Noda Keringat

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 5 Juni 2013 | 10:00 WIB

Aspirin Enyahkan Noda Keringat

Intisari-Online.com – Keringat terkadang meninggalkan noda pada pakaian. Lalu, bagaimana menghilangkan noda keringat pada pakaian tersebut? Yuk, kita gunakan bahanyang mungkin kita miliki di sekitar rumah kita. Untuk bahan halus seperti sutra, cobalah mengujinya di sudut yang tersembunyi dulu.

  1. Bahan pelunak daging.Sebelum mencuci kaos bernoda keringat, untuk mengurangi nodanya, oleskan sedikit pelunak daging di atas noda keringat. Kemudian cuci seperti biasa.
  2. Aspirin. Sebelum menyerah tanpa harapan karena semua kemeja putih terkena noda kuning karena keringat, coba yang satu ini. Hancurkan dua butir aspirin, lalu campurkan bubuknya dalam ½ gelas air hangat. Rendam bagian bernoda dalam larutan tersebut selama dua sampai tiga jam.
  3. Sabun cuci piring. Noda keringat berwana kuning yang susah dihilangkan untuk menjadi putih kembali? Coba juga ini. Campurkan satu bagian sabun cuci piring dengan dua bagian hidrogen peroksida yang bisa diperoleh di toko bahan kimia, lalu gosoklah noda dan biarkan selama satu jam. Lalu cuci seperti biasa.
  4. Garam. Garam juga bisa dipakai untuk menyingkirkan noda kuning karena keringat pada kemeja. Larutkan 4 sendok garam dalam 1 liter air panas. Gunakan spons untuk menghilangkan noda.
  5. Jeruk nipis. Hapuskan noda tak sedap dipandang pada bagian ketiak dari kemeja dan blus hanya dengan menggosoknya dengan campuran air jeruk nipis dan air.
  6. Cuka. Tuangkan sedikit cuka langsung ke noda, gosokkan kain sebelum dicuci. Kita juga bisa menghilangkan noda deodoran dari kemeja dan blus dengan menggosok lembut tempat yang terkena dengan cuka. Setelah itu cuci seperti biasa.
  7. Baking soda. Buat campuran 4 sendok makan baking soda dan ¼ cangkir air hangat untuk menghilangkan noda. Gosokkan ke kemeja untuk menghilangkan noda keringat, lalu biarkan kering selama sekitar dua jam sebelum dicuci. Untuk kerah baju, tambahkan sedikit cuka pada campuran tadi. Lalu cuci seperti biasa.
  8. Amonia. Untuk menghilangkan noda keringat, darah, dan urine pada pakaian, oleskan daerah yang bernoda dengan campuran amonia dan air. Lalu cuci seperti biasa.
  9. Air dingin. Cucilah pakaian bernoda di bawah air mengalir dan dengan lembut gosok area yang bermasalah. Lalu cuci seperti biasa. Jika pakaian sudah menunjukkan tanda-tanda menguning, hindari menggunakan air panas saat mencuci.

Mau mencoba? (rd)