Find Us On Social Media :

Analisis Perbandingan Antara Perusahaan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah

By Afif Khoirul M, Sabtu, 14 Oktober 2023 | 13:15 WIB

Perbedaan Produk Bank Syariah dan Bank Konvensional.

Intisari-online.com - Dalam pelajaran IPS kelas X halaman 192 memuat soal dengan narasi sebagai berikut ini:

Jawaban :

Berikut adalah jawaban soal IPS kelas X halaman 192:

Perbandingan antara perusahaan asuransi konvensional dan asuransi syariah dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu:

- Prinsip. Asuransi konvensional didasarkan pada prinsip jual beli risiko, di mana tertanggung membayar premi untuk mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi. Asuransi syariah didasarkan pada prinsip gotong royong, di mana peserta saling membantu dan berbagi risiko melalui sumbangan atau tabarru.- Akad. Asuransi konvensional menggunakan akad jual beli, di mana perusahaan asuransi menjamin pembayaran klaim jika terjadi risiko yang diasuransikan. Asuransi syariah menggunakan akad kerjasama, di mana perusahaan asuransi bertindak sebagai pengelola dana tabarru dan memberikan bagi hasil atau mudharabah kepada peserta.

- Premi. Asuransi konvensional menetapkan besaran premi berdasarkan perhitungan statistik dan aktuaria, serta memperhitungkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan, dan lain-lain. Asuransi syariah menetapkan besaran premi berdasarkan kesepakatan antara peserta dan perusahaan asuransi, serta memperhatikan prinsip-prinsip syariah seperti keadilan, keseimbangan, dan transparansi.

- Klaim. Asuransi konvensional membayar klaim sesuai dengan nilai pertanggungan yang disepakati dalam polis, tanpa memperhatikan kondisi finansial perusahaan asuransi. Asuransi syariah membayar klaim sesuai dengan sisa dana tabarru yang tersedia, dengan mempertimbangkan kondisi finansial perusahaan asuransi dan peserta lainnya.

- Biaya. Asuransi konvensional mengenakan biaya administrasi, komisi, dan biaya lainnya yang ditambahkan ke premi. Asuransi syariah tidak mengenakan biaya tambahan selain ujrah atau biaya jasa pengelolaan dana tabarru.

Analisis perbandingan antara asuransi konvensional dan asuransi syariah dapat digambarkan dengan diagram berikut ini:

Baca Juga: Analisislah Antara Koperasi Simpan Pinjam dan Bank Umum