Find Us On Social Media :

Mengapa Kita Perlu Mengadakan Kolaborasi Budaya? Ini Penjelasannya

By Ade S, Minggu, 15 Oktober 2023 | 18:03 WIB

Workshop Rattan Model Making di LaSalle College, Jumat (17/1/2020). Simak penjelasan mengapa kita perlu mengadakan kolaborasi budaya, yaitu kerja sama antar masyarakat yang berbeda budaya untuk mencapai tujuan bersama

Intisari-Online.com - Di negara yang memiliki ratusan suku, bahasa, agama, dan adat istiadat, kolaborasi budaya dianggap suatu hal yang perlu dilakukan.

Namun, tahukah Anda mengapa kita perlu mengadakan kolaborasi budaya?

Benarkah ini semata hanya untuk mengelola berbagai sumber konflik yang bisa terjadi?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan lengkap dan menarik.

Kolaborasi Budaya: Pengertian dan Tujuan

Melansir kids.grid.id, kolaborasi budaya adalah proses kerja sama antar individu atau kelompok yang memiliki budaya yang berbeda-beda dalam mencapai tujuan bersama.

Kolaborasi budaya memfokuskan pada pengakuan dan penghargaan terhadap perbedaan budaya yang ada, serta terbuka terhadap ide-ide dan cara pandang yang berasal dari budaya yang berbeda.

Tujuan dari kolaborasi budaya adalah untuk melestarikan kebudayaan warisan leluhur supaya tetap bisa diwariskan kepada generasi-generasi selanjutnya.

Selain itu, kolaborasi budaya juga bertujuan untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, mengembangkan kreativitas dan inovasi, serta mencegah konflik sosial yang berbasis budaya.

Kolaborasi Budaya: Manfaat dan Contoh

Kolaborasi budaya memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Beberapa manfaatnya adalah:

Baca Juga: Bagaimana Cara Menunjukkan Budaya yang Ada di Indonesia? Ini Caranya