Find Us On Social Media :

Spons Kecil Ini dapat Selamatkan Nyawa dalam Waktu Kurang dari 20 Detik

By Ade Sulaeman, Jumat, 5 Februari 2016 | 15:40 WIB

Spons Kecil Ini dapat Selamatkan Nyawa dalam Waktu Kurang dari 20 Detik

Intisari-Online.com - Bayangkan sebuah spons kecil dapat menyelamatkan nyawa dalam waktu kurang dari 20 detik.

Sebuah penyumbat untuk situasi yang mengancam jiwa yang diberi nama XSTAT dapat menyumbat luka tembak hanya dalam waktu 20 detik.

Dibuat oleh RevMedx yang berbasis di Oregon, teknologi yang dikembangkan untuk medan perang dengan dana dari U.S. Special Operations Command dan U.S. Army Medical Research and Materiel Command’s Combat Casualty Care Research Program.

Penyebab utama kematian di medan perang adalah perdarahan eksternal tidak terkendali, tentu saja kebanyakan berasal dari luka tembak.

XSTAT membantu memecahkan masalah ini. Bahkan teknologi ini telah digunakan oleh militer selama lebih dari satu tahun untuk mengobati luka yang ditimbulkan di medan perang.

Dan kini, U.S. Food and Drug Administration telah melegalkan teknologi ini untuk digunakan menyelamatkan nyawa di tanah AS.

Kontrol cepat pendarahan parah mutlak penting untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah shock, baik itu di rumah atau di zona perang.

Menurut United States Army Institute of Surgical Research, 30 sampai 40 persen kematian warga sipil oleh cedera parah adalah hasil dari pendarahan. Dari sejumlah kematian tersebut, 56 persen dari pasien meninggal sebelum mencapai rumah sakit dan mendapat perawatan yang mereka butuhkan.

Cara Kerja

Pikirkan mainan anak-anak di mana Anda melempar kapsul ke dalam air mandi dan spons dengan cepat mengembang, berubah menjadi sesuatu yang keren seperti dinosaurus.

Katakanlah seseorang memiliki luka tembak atau korban penusukan ... responden pertama bisa segera menyebarkan XSTAT untuk membantu korban saat kritis untuk mendapatkan respon bedah.

XSTAT sangat mudah diterapkan. Perangkat ini tampak seperti tabung jarum suntik berdiameter 30 mm. Di dalam tabung transparan ada spons terkompresi yang terlihat seperti pelet.