Find Us On Social Media :

Sulawesi dan Halmahera, Dua Pulau Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia

By Afif Khoirul M, Sabtu, 30 September 2023 | 14:15 WIB

Pabrik pengolahan nikel milik PT Vale di Sorowako, Luwu Timur, Sulawedi Selatan, Sabtu (14/9). Kompas/Lasti Kurnia *** Local Caption *** Pabrik pengolahan nikel milik PT Vale di Sorowako, Luwu Timur, Sabtu (14/9). Kompas/Lasti Kurnia (LKS) 14-09-2013 Ekspedisi Kota dan Jejak Peradaban

Intisari-online.com - Nikel adalah salah satu logam yang memiliki banyak manfaat bagi berbagai sektor industri, seperti otomotif, elektronik, baterai, dan baja.

Nikel juga merupakan komponen utama dalam pembuatan baterai kendaraan listrik, yang merupakan teknologi masa depan yang ramah lingkungan.

Indonesia adalah negara yang memiliki cadangan dan produksi nikel terbesar di dunia, dengan sekitar 52% dari total cadangan nikel dunia.

Sebagian besar cadangan nikel Indonesia berada di dua pulau besar, yaitu Sulawesi dan Halmahera.

Berikut adalah ulasan singkat tentang dua pulau penghasil nikel terbesar di Indonesia.

Sulawesi

Sulawesi adalah pulau terbesar keempat di Indonesia, dengan luas wilayah sekitar 174.600 km2.

Sulawesi memiliki bentuk geografis yang unik, yaitu menyerupai huruf K dengan empat semenanjung yang menjorok ke arah berbeda.

Sulawesi memiliki enam provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.

Sulawesi juga memiliki kekayaan alam yang luar biasa, baik flora, fauna, maupun mineral.

Nikel pertama kali ditemukan di Sulawesi pada tahun 1917 oleh Jawatan Pertambangan Hindia Belanda.

Pada tahun 1935, perusahaan pertambangan Belanda bernama Nederlandsche Mijn Maatschappij (NMM) berhasil membangun pabrik peleburan nikel pertama di Indonesia di Pomalaa, Sulawesi Tenggara.