Find Us On Social Media :

8 Rahasia Menghemat Baterai Ponsel dari CEO Apple yang Layak Dicoba

By Lila Nathania, Sabtu, 25 Februari 2017 | 19:00 WIB

8 Rahasia Menghemat Baterai Ponsel dari Tim Cook, CEO Apple (1)

Intisari-Online.com – Semua pengguna gadget pasti ingin perangkatnya memiliki baterai yang awet dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Inilah delapan rahasia menghemat baterai ponsel dari Tim Cook, CEO Apple, seperti dikutip dari yahoo.com:

(Sebelum Sarapan, Baiknya Mengonsumsi Minuman Ini Supaya Racun dalam Tubuh Kita Hilang)

1. Pastikan cahaya ponsel Anda tidak terlalu terang. Atur sendiri seberapa terang layar ponsel Anda sesuai kebutuhan. Layar adalah aspek paling boros energi pada ponsel. Jadi bila Anda tak suka mengubah-ubah ponsel secara manual sesuai kebutuhan, lebih baik gunakan fitur auto brightness.

2. Masih soal layar, Anda yang ingin menghemat baterai sebaiknya mengaktifkan fitur screen-lock timer. Jadi, layar ponsel Anda akan mati sendiri setelah beberapa saat. Waktu yang disarankan adalah 30 detik agar layar tidak memakan banyak energi baterai.

(Tujuh Mitos Keliru Soal Mengisi Baterai Ponsel)

3. Matikan fitur push notifications. Bila fitur ini hidup, ponsel akan terus menggunakan koneksi internet dan akibatnya baterai jadi lebih boros.

4. Atur backgroud refresh setting. Jika ada aplikasi yang tidak dipakai namun belum ditutup (berada dalam backgroud), biasanya aplikasi ini bisa tetap aktif atau berada dalam mode freeze. Anda bisa mengatur sendiri aplikasi apa saja yang memang tetap harus berjalan walau dalam backgroud dan aplikasi mana saja yang bisa dibekukan selama tidak dibuka. Makin banyak aplikasi yang dibekukan, makin hemat pula baterai Anda.

5. Sinyal selular menghabiskan lebih banyak baterai daripada koneksi internet. Jadi sebisa mungkin gunakan saja jaringan Wi-Fi daripada memakai paket data Anda. Bila Anda sedang dalam liburan atau tak ingin diganggu, mode pesawat juga bisa dipilih. Namun ingat bahwa dalam mode ini Anda mungkin tidak bisa dijangkau bila ada orang yang hendak memberikan kabar penting.

6. Matikan opsi Location dari berbagai aplikasi yang tidak terlalu krusial. Fitur lokasi yang didukung oleh fitur GPS ini sangat memakan baterai. Bila Anda bahkan sama sekali tidak butuh fitur lokasi, Anda bisa menonaktifkan opsi Location secara keseluruhan di ponsel.

7. Selalu update software terbaru. Biasanya dalam setiap versi aplikasi terbaru selalu ada optimalisasi efektivitas penggunaan baterai. Jadi, secara umum aplikasi yang lebih baru lebih tidak memakan baterai. Sebisa mungkin selalu gunakan aplikasi versi terbaru.

8. Gunakan mode hemat baterai. Pada sebagian besar ponsel pintar yang ada di pasaran sudah tersedia fitur mode hemat baterai. Aktifkan saja fitur ini karena mode ini biasanya memang bisa membuat ponsel lebih hemat.

Itulah empat rahasia menghemat baterai ponsel dari Tim Cook, CEO Apple.