Find Us On Social Media :

Hikmah yang Bisa Diambil dari Peristiwa Konflik dan Pergolakan yang Berkait dengan Ideologi

By Ade S, Jumat, 8 September 2023 | 19:03 WIB

Suasana pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 1989. Artikel ini membahas tentang beberapa hikmah yang bisa diambil dari peristiwa konflik dan pergolakan yang berkait dengan ideologi di Indonesia.

Intisari-Online.com - Keragaman yang dimiliki Indonesia kadang menimbulkan berbagai konflik dan pergolakan di masa lalu.

Beberapa peristiwa yang berkaitan dengan ideologi antara lain adalah pemberontakan DI/TII, pemberontakan PKI Madiun, dan G30S/PKI.

Apa hikmah yang bisa diambil dari peristiwa konflik dan pergolakan yang berkait dengan ideologi tersebut? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Pemberontakan DI/TII

Pemberontakan DI/TII adalah pemberontakan yang dipimpin oleh Kartosuwiryo yang ingin mendirikan Negara Islam Indonesia (NII) dengan menerapkan syariat Islam secara kaffah.

Pemberontakan ini berlangsung dari tahun 1948 hingga 1962 di berbagai wilayah seperti Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Hikmah yang bisa diambil dari peristiwa ini adalah pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pancasila adalah ideologi yang mampu mengakomodasi keberagaman bangsa Indonesia tanpa mengesampingkan nilai-nilai keislaman.

UUD 1945 adalah konstitusi yang menjamin hak-hak dasar warga negara tanpa membedakan agama, suku, ras, atau golongan.

Pemberontakan PKI Madiun

Pemberontakan PKI Madiun adalah pemberontakan yang dilakukan oleh PKI dan sayap kirinya seperti Front Demokrasi Rakyat (FDR) yang kecewa dengan hasil perundingan Renville.

Baca Juga: Inilah Dua Peristiwa Penting yang Mendorong Lahirnya Sosiologi Dunia