Find Us On Social Media :

Mengenang Kembali Insiden Hotel Yamato Atau Peristiwa Penyobekan Bendera Belanda Pada 19 September 1945 Di Surabaya

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 4 September 2023 | 17:48 WIB

Peristiwa perobekan bendera Belanda atau insiden Hotel Yamato disebut sebagai salah satu pemicu Pertempuran 10 November 1945 SUrabaya.

Peristiwa perobekan bendera Belanda atau insiden Hotel Yamato disebut sebagai salah satu pemicu Pertempuran 10 November 1945 SUrabaya.

Intisari-Online.com - Peristiwa penyobekan bendera Belanda pada 19 September 1945 disebut-sebut lagi.

Musababnya, karena di hotel yang menjadi lokasi kejadian itulah dilangsungkan deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai bakal capres dan cawapres pada Pilpres 2024 nanti.

Hotel itu sekarang bernama Hotel Majapahit, dulu dikenal sebagai Hotel Yamato.

Karena itulah kejadian peristiwa penyobekan bendera Belanda itu dikenal sebagai Insiden Hotel Yamato.

Bagaimana sejarahnya?

Insiden Hotel Yamato yang disebut juga sebagai Peristiwa Tunjungan merupakan sebuah peristiwa sejarah yang terjadi di Surabaya pada 19 September 1945.

Peristiwa ini terjadi pada masa Revolusi Kemerdekaan atau setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dibacakan di tahun 1945.

Saat itu, Sekutu dan Belanda kembali datang ke Indonesia dan mendarat di Surabaya.

Selain itu, insiden ini juga terkait dengan perang yang meletus di Surabaya pada 10 November 1945 yang dikenal sebagai Pertempuran Surabaya.

Seperti diketahui, pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dikenal sebagai pertempuran paling menegangkan yang menunjukkan semangat patriotisme yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Penyebab Insiden Hotel Yamato Insiden Hotel Yamato adalah tindakan heroik yang dipicu oleh kemarahan rakyat Surabaya atas tindakan provokatif yang dilakukan oleh pihak Belanda.