Find Us On Social Media :

Mau Mudik? Jangan Abaikan Kebersihan Pendingin Mobil

By Ilham Pradipta M., Senin, 27 Juni 2016 | 15:30 WIB

Mau Mudik? Jangan Abaikan Kebersihan Pendingin Mobil

Intisari-Online.com – Bagi kita yang hendak mudik ke kampung halaman, tentu perlu menjaga kesehatan fisik agar mudik berjalan dengan lancar. Lalu, bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, kesehatan kendaraan juga tak boleh dilupakan. Tujannya jelas, biar mudik bersama keluarga aman dan nyaman.

Kondisi kabin mobil merupakan salah satu hal penting yang perlu kita perhatikan. Terang saja, kabin mobil merupakan tempat kita “tinggal” selama perjalanan mudik. Oleh karena, kita tak boleh abai dengan kebersihannya. Kalau berbicara kebersihan dan kesehatan kabin mobil, sebenarnya debu bukan musuh utama. Pendingin yang memanjakan kita dari udara panas, bisa jadi penyebab lain kabin tak sehat.

AC mobil memang sudah seharusnya dingin. Tapi, jangan lantas masih dingin lalu lupa merawatnya. Soalnya, filter AC yang kotor bisa menurunkan kualitas udara. Karena di dalam filter yang tak terawat itu terdapat kotoran, jamur, dan debu. Kalau sudah begitu, tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan saat perjalanan mudik.

Kotoran yang menumpuk di sistem istalasi AC ini, bisa tersembur ke dalam kabin. Apalagi kalau kita menambahkan kekencangan hembusan blower. Alih-alih mendinginkan, malah menghempaskan kotoran ke dalam kabin. Efeknya, kabin makin tidak sehat.

Nah, selain masalah filter AC, kita juga perlu mengatur sirkulasi udara di kabin demi kualitas udara yang sehat. Caranya mudah saja. Cobalah membuka sedikit jendela setiap dua jam sehigga ada pertukaran udara di dalam kabin. Hal ini penting untuk menjaga kualitas oksigen di kabin tetap terjaga. Bagi kita yang berjam-jam mudik menggunakan mobil, tentu harus memperhatikan hal ini.

Alternatif lain untuk membuat kabin sehat adalah dengan teknologi ozonier atau ionizer. Teknologi ini mampu menetralisir udara hingga membunuh virus dan jamur. Selain itu, ozonizer juga bisa menghilangkan debu hingga bau tak sedap yang berada dalam kabin. Di samping itu, ionizer dan air purifier bisa menghilangkan berbagai zat alergi dan meningkatkan konsentrasi pengendera.

Jadi, jagalah kondisi kabin agar bebas dari kuman dan bakteri. Sederhananya, jagalah kebersihannya. Dengan begitu, kabin akan lebih menyehatkan, mudik pun akan mengasyikan.