Find Us On Social Media :

Usir Bau Kabin Mobil saat Mudik dengan Bahan-bahan Alami

By Ilham Pradipta M., Sabtu, 2 Juli 2016 | 07:00 WIB

Usir Bau Kabin Mobil saat Mudik dengan Bahan-bahan Alami

Intisari-Online.com – Biasanya ketika mudik kabin mobil akan meninggalkan bau tak sedap setelah sampai di tempat tujuannya. Penyebabnya bermacam-macam. Misalnya, dari segala benda yang dimasukan ke bagasi atau kabin. Contohnya seperti, makanan, minuman, bau obat-obat seperti minyak kayu putih, atau buah-buahan yang menyengat. Selain itu, bisa juga bau tubuh kita sendiri hingga karpet mobil yang kotor.

Kita tentu tahu kalau karpet merupakan benda uang paling mudah menyimpan bau. Alasannya jelas, karena sering beradu dengan alas kaki. Jadi, jejak makanan, minuman, dan kotoran dari luar akan meninggalkan bauk tak sedap jika dibiarkan berlarut-larut. Kalau sudah begitu, biasanya kita akan menggunakan parfum mobil untuk mengusir bau. Tapi, pengharum buatan itu belum tentu ekeftif. Bahkan, bisa membahayakan tubuh.

Beberapa parfum mobil menggunakan unsur alkohol dalam pembuatannya. Imbasnya, penciuman kita terasa kering dan bisa menimbulkan alergi. Selain itu, alkohol yang menguap akan membentuk asam asetat. Zat inilah yang menimbulkan bau tak sedap di dalam kabin.

Nah, sebenarnya ada beberapa bahan alami yang dapat mengusir bau. Contohnya daun pandan. Kita bisa menggunakannya dengan cara meletakkan 20 helai daun pandan di bawah jok. Kira-kira, bahan ini bisa bertahan selama dua minggu. Selain pandan, daun sereh juga ampuh untuk mengusir bau kabin. Caranya mudah saja. Patahkan 20-25 tangai sereh dan letakkan di bawah jok. Dengan begitu, ia dapat menyegarkan udara di dalam kabin mobil.

Ada juga bunga melati sebagai alternatif lainnya. Bunga ini bisa kita letakkan di bawah jok sebagai aromaterapi di dalam mobil. Cobalah letakkan seperempat kilogram bunga melati untuk hasil yang lebih baik. Terakhir, ada kopi yang memiliki kemampuan menyerap bau yang baik. Untuk menghilangkan bau kabin dengan kopi cukup mudah. Caranya, masukkan kopi dalam wadah plastik. Lalu, tutup dengan plastik pembungkus makanan yang telah dilubangi kecil-kecil agar tidak tumpah.

Jadi, ubahlah persepsi kita kalau parfum mobil satu-satunya alat penghilang bau. Alangkah lebih baik, bila kita menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.